Cara Mengatasi Laptop Langsung Masuk BIOS Paling Mudah

Cara Mengatasi Laptop Langsung Masuk BIOS Paling Mudah

Laptop Langsung Masuk BIOS
Ketika ingin menggunakan laptop, langkah awal yang harus dilakukan adalah menghidupkan laptop tersebut. Ketika menghidupkan laptop, maka terdapat proses yang bernama booting. Nah, salah satu permasalahan yang sering muncul disini adalah laptop tidak bisa booting, salah satunya disebabkan laptop langsung masuk BIOS.

Pertanyaannya, apa sih penyebab laptop langsung masuk BIOS? Sebenarnya, ada beberapa penyebab laptop yang langsung masuk BIOS. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Keyboard rusak: Keyboard yang rusak memang dapat menyebabkan permasalahan ini. Kita bisa masuk BIOS dengan menekan salah satu tombol keyboard. Nah, ketika tombol tombol tersebut rusak (menekan terus) maka laptop akan langsung masuk BIOS.
  • Salah setting: Di BIOS, terdapat beberapa pilihan booting. Ada kemungkinan Anda salah setting atau tidak sengaja mengubah settingan BIOS sehingga laptop langsung masuk ke BIOS.
  • Masalah Hardware: Salah satu hardware yang berhubungan dengan BIOS adalah baterai CMOS. Nanti akan saya jelaskan cara mengatasinya.

Laptop Langsung Masuk BIOS

Ketika laptop tiba-tiba masuk BIOS, maka kita tidak bisa menggunakan laptop tersebut. Nah, kali ini saya akan memberikan langkah paling mudah untuk mengatasi permasalahan ini. Sebenarnya ada banyak langkah yang bisa digunakan, namun saya hanya akan memberikan langkah yang saya ketahui saja.

1. Cek Keyboard

Berdasarkan pengalaman saya ketika Prakerin SMK dulu, hal yang harus dicek pertama kali adalah keyboard. Silahkan Anda cek keyboard dengan cara melepas konektor keyboard. Untuk melepas keyboard laptop, Anda bisa mencongkel bagian pengunci keyboard (tidak semua keyboard bisa dilepas dengan dicongkel, ada juga yang harus membongkar laptop).

Setelah keyboard dilepas beserta konektornya, silahkan Anda coba hidupkan laptop Anda. Kalau bisa, berarti sudah pasti yang bermasalah adalah keyboardnya. Anda bisa membeli keyboard baru di tempat jual accessories terdekat atau bisa juga membeli online.

2. Reset CMOS

Untuk mereset CMOS pada laptop sebenarnya sangat mudah. Kita tinggal mencabut baterai laptop dan CMOS sudah otomatis tereset. CMOS pada laptop memang beda dengan PC. Kalau PC, mungkin kita harus melakukan jumper ataupun melepas baterai CMOSnya.

Perbedaannya hanya pada peletakannya saja. Kalau pada laptop, CMOS tidak ditanam pada board melainkan disambungkan dengan kabel. Kalau pada PC, CMOS ditanamkan pada board.

Nah, sekarang Anda bisa mencoba menghidupkan laptop Anda apakah sudah bisa booting atau masih langsung masuk BIOS. Biasanya, laptop bisa kembali normal ketika baterai CMOS direset.

3. Setting BIOS

Langkah terakhir yang bisa dicoba adalah setting BIOS. Hal ini dikarenakan mungkin saja Anda salah setting ataupun tidak sengaja megubah pengaturan BIOS. Untuk itu, silahkan ubah settingan menjadi default saja.

Caranya Anda harus masuk ke BIOS terlebih dahulu. Kemudian masuk ke tab Exit lalu pilih Load Setup Defaults dan simpan pengaturan BIOS (Save and Exit).

Nah, itulah beberapa langkah mengatasi laptop yang langsung masuk BIOS. Kalau berdasarkan pengalaman saya, masalah ini paling sering disebabkan karena keyboard rusak. Jadi tombol manjer (tertekan terus menerus) sehingga laptop langsung masuk BIOS.

Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya bagikan. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat dan membantu menyelesaikan permasalahan laptop Anda.
Buka Komentar