Cara Mengatasi Server DNS Address Could Not Be Found

Cara Mengatasi Server DNS Address Could Not Be Found

Cara Mengatasi Server DNS Address Could Not Be Found
Terkadang, masalah server DNS address could not be found muncul ketika kita sedang browsing. Hal ini bukan disebabkan masalah jaringan. Karena jika kita menggunakan WiFi, tidak semua perangkat mengalami masalah ini, melainkan hanya satu atau beberapa perangkat saja.

Untuk cara mengatasi server DNS address could not be found, kita bisa melakukannya tanpa aplikasi tambahan apapun. Windows sudah menyediakan tools yang bisa digunakan untuk memperbaiki permasalahan ini. Bagaimana caranya? Silahkan simak selengkapnya di bawah ini.

Memperbaiki Server DNS Address Could Not Be Found

Seperti yang saya katakan sebelumnya, kita bisa mengatasi masalah dengan tools yang sudah disediakan oleh Windows. Ada 2 cara yang bisa kita lakukan, pertama adalah menggunakan Network and Sharing Center dan yang kedua adalah dengan Command Prompt.

Baiklah, berikut adalah langkah mengatasi server DNS address could not be found.

1. Menggunakan Netword and Sharing Center

  • Pertama, masuk ke Network and Sharing Center dengan klik kanan pada icon jaringan di pojok kanan bawah lalu pilih Open Network & Internet Settings atau Network and Sharing Center.
    Cara Memperbaiki Server DNS Address Could Not Be Found
  • Kemudian, pilih Change adapter settings. Dalam hal ini, mungkin tampilannya akan sedikit berbeda, tergantung versi Windows yang digunakan. Intinya, pilih change adapter settings.
    Solusi Memperbaiki Server DNS Address Could Not Be Found
  • Klik kanan adapter yang digunakan. Dalam hal ini, karena saya menggunakan Ethernet, maka saya pilih Ethernet. Kalau menggunakan WiFi, maka pilih WiFi. Pokoknya, pilih koneksi internet yang digunakan. Lalu pilih Properties.
    Solusi Mengatasi Server DNS Address Could Not Be Found
  • Setelah itu, double klik pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) seperti gambar di bawah ini.
    Tutorial Memperbaiki Server DNS Address Could Not Be Found
  • Klik Use the following DNS server addresses lalu masukkan DNS yang akan digunakan. Saya sarankan gunakan DNS Google saja, samakan dengan gambar di bawah ini ya.
    Tutorial Mengatasi Server DNS Address Could Not Be Found
  • Kalau sudah, silahkan klik OK.

Dengan melakukan cara ini, seharusnya masalah server DNS address could not be found sudah teratasi. Tapi kalau memang belum bisa, silahkan ikuti langkah berikutnya yaitu dengan CMD.

2. Menggunakan Command Prompt

Untuk cara yang kedua yaitu menggunakan Command Prompt. Cara ini lebih simple daripada cara pertama karena kita tinggal memasukkan kode saja (nanti akan saya siapkan biar bisa di copy paste).
  • Pertama, masuk ke Command Prompt dengan Run Administrator.
    Tips Memperbaiki Server DNS Address Could Not Be Found
  • Setelah itu masukkan kode di bawah ini satu per satu ya, lakukan secara berurutan.
  • ipconfig /flushdns
    ipconfig /registerdns
    ipconfig /release
    ipconfig /renew
    NETSH winsock reset catalog
    NETSH int ipv4 reset reset.log
    NETSH int ipv6 reset reset.log
    Exit
  • Lakukan mulai dari ipconfig /flushdns lalu tekan Enter, sampai dengan Exit.
  • Kalau sudah, silahkan restart laptop ataupun komputer Anda.
  • Selesai.

Kalau sudah melakukan kedua cara ini dengan benar, maka kemungkinan besar masalah server DNS address could not be found sudah teratasi. Sekarang, Anda bisa kembali browsing dengan lancar tanpa masalah.

Mungkin hanya ini saja artikel mengenai cara mengatasi server DNS address could not be found. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu mengatasi permasalahan Windows Anda.
Buka Komentar