Cara Mengatasi Modem Tidak Terdeteksi di Windows

Cara Mengatasi Modem Tidak Terdeteksi di Windows

Modem Tidak Terdeteksi
Modem merupakan salah satu hardware yang digunakan untuk menghubungkan laptop ke internet. Perangkat ini bisa dikatakan sangat portable karena ukurannya yang kecil dan mudah dibawa kemana saja. Eh sebentar, walaupun begitu, ada juga loh masalah yang sering muncul pada modem.

Awalnya sih normal-normal saja dan lancar untuk internetan. Tapi lama-kelamaan, biasanya sering disconnect atau tidak terdeteksi begitu saja. Untuk penyebabnya sih macam-macam, bisa karena virus atau bisa juga karena masalah driver.

Penyebab Modem Tidak Terdeteksi

Seperti yang saya katakan di atas, penyebab modem tidak terdeteksi ada bermacam-macam. Agar lebih jelas, akan saya jabarkan sedikit di bawah ini.

1. Masalah Driver

Driver sangat diperlukan agar suatu perangkat bisa terdeteksi. Tanpa driver, kemungkinan perangkat tersebut tidak akan terdeteksi, jikapun terdeteksi mungkin ada masalah lain yang muncul. Yang saya maksud masalah driver disini adalah, ada kemungkinan driver sudah lawas atau tidak update.

2. Virus

Ya, virus memang bisa masuk dan merusak program yang ada di komputer, khususnya Windows. Modem yang tidak terdeteksi bisa saja disebabkan oleh virus, entah virus yang datangnya dari internet ataupun virus yang datangnya dari program yang diinstall.

3. Port Bermasalah

Port merupakan tempat dimana modem dicolokkan. Biasanya, terdapat beberapa port di laptop, kalau punya saya ada 3. Nah, kalau port laptop Anda bermasalah semua, sudah pasti modem tidak akan terdeteksi.

Cara Memperbaiki Modem Tidak Terdeteksi

Untuk mengatasi modem tidak terdeteksi, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Kali ini saya akan memberikan cara yang paling umum saja. Namun jangan khawatir, biasanya cara ini berhasil kok.

1. Uninstall Program Modem

Program modem biasanya terdiri dari driver dan aplikasi manager untuk setting modem. Yang harus di uninstall adalah modem managernya. Sebagai contoh punya saya adalah Mobile Partner. Berikut adalah langkah uninstall Mobile Partner.
  • Pertama, masuk ke Control Panel > ubah view menjadi Category > lalu pilih Uninstall a programs.
    Cara Mengatasi Modem Tidak Terdeteksi
  • Setelah itu, cari Mobile Partner > Klik Kanan > Uninstall. Lakukan cara yang sama pada Mobile Broadband HL Service.
    Cara Memperbaiki Modem Tidak Terdeteksi
  • Selesai.

Langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah install kembali driver model tersebut. Cara singkatnya seperti di bawah ini.
  • Cabut modem dari laptop.
  • Colokkan kembali modem tersebut.
  • Setelah dicolokkan, biasanya akan muncul Notifikasi modem yang terdeteksi, langsung saja pilih Run.
  • Dengan klik Run, maka akan otomatis melakukan instalasi driver modem. Install saja seperti instalasi aplikasi pada umumnya.
  • Selesai.

2. Update Driver

Seperti yang sudah saya singgung sedikit di atas mengenai driver bahwasannya driver merupakan software yang sangat penting. Biasanya, pengembang akan melakukan update secara berkala kalau terdapat masalah pada driver tersebut.

Sangat mungkin kalau modem tidak terdeteksi gara-gara driver belum update. Untuk itu, Anda bisa mencari driver terbaru dari modem Anda. Cari saja di Google dengan keyword "Driver Modem Huawei ABC terbaru" (Sesuaikan merk modem Anda).

Setelah diunduh, langsung saja install driver tersebut. Kalau perlu, uninstall terlebih dahulu driver yang sebelumnya terinstall dengan cara nomor 1. Kalau sudah diinstall, modem Anda sudah siap digunakan kembali.

Mungkin hanya ini saja artikel mengenai cara mengatasi modem yang tidak terdeteksi. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.
Buka Komentar