Cara Mengatasi Windows Media Player Tidak Bisa Memutar Lagu dan Video

Cara Mengatasi Windows Media Player Tidak Bisa Memutar Lagu dan Video

Windows Media Player Error
Windows Media Player merupakan sebuah software yang bertugas melakukan operasi playback terhadap file multimedia digital seperti lagu, video, maupun gambar. Software ini dibuat dan dikembangkan oleh Microsoft yang kemudian dijadikan sebagai software pemutar multimedia bawaan pada Windows. Kalau Anda pengguna Windows, pasti sudah tahu lah dengan aplikasi ini. Windows Media Player juga menjadi software default untuk membuka file multimedia jika tidak ada software sejenis lainnya.

Nah, masalah yang sering muncul pada Windows Media Player adalah Windows Media Player encountered a problem while playing the file yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Windows Media Player menemui masalah saat memutar file. Kata file dalam kalimat tersebut ditujukan pada file musik, video, dan gambar. Jadi, ketika mengalami masalah ini, Anda tidak akan bisa membuka file tersebut menggunakan Windows Media Player.
Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai cara mengatasi Windows Media Player yang tidak bisa digunakan untuk memutar lagu dan video. Bagi yang sedang mengalami masalah serupa, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Cara Mengatasi Windows Media Player Error

Cara mengatasi Windows Media Player yang error ini nantinya akan berkaitan dengan driver, sound, dan regedit (registry). Saya akan memberikan langkahnya satu per satu, berikut adalah langkahnya.

#Cara Pertama : Install atau Update Driver

Kemungkinan pertama penyebab masalah Windows Media Player tidak bisa untuk memutar video dan lagu adalah driver sound belum terinstall ataupun belum update. Jadi, langkah yang harus Anda lakukan adalah mengecek apakah driver soundnya sudah terinstall dan pastikan juga drivernya sudah terbaru (update). Tanda driver sound sudah terinstall adalah pada icon sound (pojok kanan bawah) tidak ada tanda silangnya, jika ada berarti driver belum terinstall.

Jika memang sudah terinstall namun Windows Media Player masih error, silahkan coba update driver tersebut. Anda bisa mencari drivernya di website resmi laptop Anda. Setelah diupdate, silahkan coba untuk memutar lagu atau video. Jika masih tidak bisa, ada kemungkinan lagu dan video yang Anda putar rusak atau corrupt.

#Cara Kedua : Disable All Enhancements

Cara mendisable all enhancements sangatlah mudah, berikut ini cara singkatnya:
  • Masuk ke Control Panel.
  • Klik Hardware and Sound.
  • Kemudian pilih Sound.
  • Double click pada Speakers.
  • Pindah ke tab Enhancements.
  • Centang pada Disable all enhancements.
  • Selesai.

Setelah selesai melakukan cara di atas, silahkan restart komputer ataupun laptop Anda. Jika sudah, sekarang coba putar lagu atau video melalui Windows Media Player. Jika ternyata masih belum bisa, silahkan coba langkah terakhir di bawah ini.

#Cara Ketiga : Membuat Registry

Untuk membuat registry sangat mudah, berikut ini cara singkatnya.
  • Tekan Windows+R secara bersamaan.
  • Ketikkan regedit lalu tekan enter.
  • Pilih HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Microsoft > Windows > CurrentVersion > Audio.
  • Buat registry baru dengan cara Klik kanan > New > DWORD > beri nama DisableProtectedAudioDG > double klik registry tersebut > ubah value menjadi 0 > Restart.
  • Selesai.

Dari ketiga cara tersebut, semuanya bisa digunakan untuk mengatasi Windows Media Player yang error. Jika ternyata masih tidak bisa juga, ada kemungkinan Windows Anda terkena virus. Silahkan lakukan install ulang Windows, kalau dengan install ulang dijamin berhasil 100%.

Nah, mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu permasalahan Windows Media Player Anda.
Buka Komentar