Cara Mengatasi Wifi Laptop Sering Putus Sendiri

Cara Mengatasi Wifi Laptop Sering Putus Sendiri

Cara Mengatasi Wifi Laptop Sering Putus Sendiri
Perlu kita ketahui, permasalahan wifi pada laptop bukan hanya terletak pada laptopnya, bisa juga karena jaringannya. Terkadang, sering juga ditemui laptop yang tidak bisa terhubung dengan jaringan wifi A, namun bisa terhubung dengan jaringan wifi B. Ada juga laptop yang sama sekali tidak bisa terhubung dengan semua jaringan wifi, ada juga yang bisa terhubung namun sering disconnect.

Wifi atau wireless fidelity sendiri adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel melalui sebuah jaringan komputer. Wifi termasuk jaringan yang memiliki kecepatan akses yang sangat tinggi, jadi wajar saja kalau saat ini banyak pengguna laptop yang sering menggunakan wifi untuk mengakses internet. Namun, masalahnya ya itu tadi, sering disconnect atau putus sendiri.
Nah, bagi Anda yang mengalami masalah wifi laptop yang sering disconnect sendiri, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa solusi untuk mengatasinya. Perlu diperhatikan, solusi yang saya berikan belum tentu berhasil Anda gunakan, karena ada kemungkinan kalau penyebab masalahnya berbeda-beda. Jadi silahkan dicoba saja satu per satu, siapa tahu ada yang cocok.

Cara Mengatasi Wifi Laptop Sering Disconnect

Sedikit informasi, saat saya mengalami masalah ini, saya menggunakan Windows 7. Jadi, bagi Anda yang menggunakan Windows 7, bisa coba cara yang saya gunakan. Saya hanya melakukan beberapa cara saja, kebetulan saart itu laptop saya juga baru saja diinstall ulang. Baiklah, langsung simak cara mengatasi wifi laptop disconnect sendiri di bawah ini.

#1. Update Driver Wifi

Karena saat itu laptop saya baru diinstall ulang, jadi driver wifi pada laptop saya versinya masih yang lama. Memang sudah bisa terkoneksi dengan wifi, tapi tidak sampai 1 menit langsung disconnect sendiri, begitu terus pokoknya. Jadi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengupdate driver wifi pada laptop Anda. Silahkan pergi ke situs resmi laptop Anda dan cari driver wifi, lalu install.

#2. Cek Koneksi Wifi

Seperti yang saya katakan di atas, ada laptop yang bisa terhubung dengan jaringan wifi A, namun tidak bisa terhubung dengan jaringan wifi B. Nah, kalau kasusnya begitu, berarti permasalahannya bukan terletak pada laptopnya, melainkan pada jaringan wifinya, entah access pointnya, atau permasalahan wifi lainnya.

#3. Restart WLAN AutoConfig

Ini adalah cara terakhir yang mungkin bisa membantu, yaitu merestart WLAN AutoConfig . Untuk caranya, silahkan lihat di bawah ini:
  • Tekan Windows+R secara bersamaan.
  • Ketikkan services.msc pada kolom yang disediakan lalu klik Ok.
  • Cari dan klik WLAN AutoConfig, selanjutnya klik Stop lalu Start.
    Cara Mengatasi Wifi Laptop Sering Disconnect
  • Tunggu proses sampai selesai.

Jika sudah selesai, silahkan coba koneksikan laptop Anda dengan wifi. Jika ternyata masih belum bisa, silahkan restart terlebih dahulu laptop Anda.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi wifi laptop disconnect sendiri. Saya tidak menjamin cara-cara di atas berhasil semua, karena ada kemungkinan penyebab permasalahannya juga berbeda. Mungkin hanya ini artikel yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan membantu Anda dalam mengatasi permasalahan ini.
Buka Komentar