Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Not Responding

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Not Responding

Cara Mengatasi Laptop Not Responding
Masalah not responding memang sering muncul pada perangkat laptop, terlebih untuk laptop dengan spesifikasi rendah. Dalam kondisi ini, aplikasi yang sedang dijalankan tidak akan merespon. Bagi Anda yang sering mengalami masalah ini, perasaan yang Anda rasakan pasti campur aduk, jengkel, kesal, marah, ataupun perasaan lainnya. Yang pasti, masalah ini memang sangat mengganggu pekerjaan.

Dewasa ini, perkembangan laptop memang sangat pesat, daya tarik penggunanya juga tidak kalah, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua juga banyak yang menggunakan laptop. Untuk kegunannya sendiri bermacam-macam, ada yang sekadar untuk bermain game saja dan ada yang digunakan untuk keperluan pekerjaan, sekretaris misalnya.
Nah, bagi Anda yang sering mengalami laptop not responding, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tips mengenai cara mengatasi laptop not responding. Selain itu, akan saya paparkan pula beberapa penyebab laptop not responding.

Cara Memperbaiki Laptop Not Responding

Agar lebih mudah dalam memahaminya, terlebih dahulu akan saya tuliskan penyebabnya, kemudian akan langsung saya berikan solusi untuk mengatasinya. Oh ya, untuk caranya sendiri mungkin bermacam-macam, ada yang memerlukan biaya dan ada pula yang tanpa mengeluarkan biaya, silahkan sesuaikan saja.


#1. Terlalu Banyak Aplikasi Terinstall

Ketika terlalu banyak aplikasi pada laptop, secara otomatis kapasitas hardisk juga akan semakin terkuras. Selain itu, resource lainnya seperti RAM, biasanya juga akan terpakai semakin banyak karena adanya aplikasi yang terus berjalan walaupun tidak dijalankan.

+Cara Mengatasi
Untuk cara mengatasinya cukup mudah, silahkan Anda uninstall saja beberapa aplikasi yang sekiranya tidak dibutuhkan. Kalau perlu, uninstall sampai ke akar-akarnya sekalian agar data-datanya hilang semua. Anda bisa menggunakan software seperti Revo Uninstaller.

#2. Terlalu Banyak Aplikasi Berjalan (Multitasking)

Multitasking adalah menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan seperti contoh, Anda mengerjakan tugas menggunakan Microsoft Word sambil mendengarkan musik menggunakan Winamp. Terlalu banyak menjalankan aplikasi akan membuat beberapa aplikasi not responding, hal ini sering terjadi pada laptop dengan spesifikasi rendah.

+Cara Mengatasi
Untuk cara mengatasinya cukup mudah, silahkan Anda tutup aplikasi yang sekiranya tidak dibutuhkan. Kalau memang ingin mengerjakan tugas sambil mendengarkan lagu, namun ternyata malah jadi not responding, Anda bisa menggunakan alternatif hp untuk mendengarkan lagu. Dengan ini, aplikasi akan berjalan lebih lancar dan tidak terjadi not responsing.

#3. Aplikasi Belum Update

Perlu Anda ketahui, aplikasi yang belum update biasanya masih terdapat bug-bug didalamnya yang bisa membuat aplikasi tersebut not responding. Aplikasi yang dirilis, belum tentu semuanya bisa berjalan dengan mulus, ada juga yang sering mengalami masalah, seperti not responding contohnya.

+Cara Mengatasi
Untuk cara mengatasinya cukup mudah, silahkan lakukan update pada aplikasi yang belum final (masih alpha atau beta). Anda bisa melakukan update melalui apliksinya langsung atau bisa juga mengunduh aplikasi versi terbarunya di Google lalu menginstall ulang.

#4. Sistem Operasi Terkena Virus

Virus yang sudah tersebar pada sistem operasi akan membuat kinerja laptop tidak maksimal sehingga sering terjadi not responsing pada beberapa aplikasi. Virus bisa datang dari mana saja, bisa dari internet (link) atau bisa juga dari perangkat penyimpanan seperti flashdisk.

+Cara Mengatasi
Untuk cara mengatasinya cukup mudah, silahkan Anda scan menggunakan antivirus yang menurut Anda paling bagus. Kalau ternyata masih bandel dan tidak mau dihapus, Anda bisa melakukan install ulang sistem operasi pada laptop.

#5. RAM Kurang

RAM berfungsi untuk menyimpan data secara sementara. Seperti misal, Anda membuka aplikasi Google Chrome, ketika Anda menjalankannya, RAM akan menyimpan data-data dan menjalankan proses Google Chrome tersebut. Jadi, ketika RAM kurang, maka wajar saja laptop sering hang dan terjadi not responding.

+Cara Mengatasi
Untuk mengatasinya, Anda cukup melakukan upgrade RAM saja. Memang hal ini akan memerlukan biaya, tapi efeknya akan sangat terasa nantinya, laptop akan semakin ringan. Semisal RAM laptop Anda sekarang adalah 2GB, maka Anda bisa mengupgradenya menjadi 4GB atau 8GB sekalian.

6. Processor Panas

Ketika Anda menggunakan laptop terlalu lama, bukan tidak mungkin akan terjadi panas secara berlebih pada hardware laptop, processor contohnya. Ketika processor sudah panas, laptop cepat panas juga, maka masalah seperti hang dan not responsing memang sering muncul.

+Cara Mengatasinya
Untuk cara mengatasinya, Anda bisa menambahkan fan external di bawah laptop. Kalau perlu, silahkan cek dan ganti pasta processornya, siapa tahu memang sudah kering. Pasta yang kering akan menghambat pendinginan pada processor, jadi pastikan pasta masih dalam keadaan layak pakai.

Nah, mungkin hanya itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi laptop not responsing (yang saya katahui). Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan serta membantu Anda dalam mengatasi laptop yang not responsing.
Buka Komentar