LCD Laptop Bunyi, Padahal Berfungsi Normal dan Tidak Blank Putih

LCD Laptop Bunyi, Padahal Berfungsi Normal dan Tidak Blank Putih

LCD Laptop Bunyi
Beberapa minggu yang lalu, laptop saya sempat mengalami masalah. Terdengar bunyi nging berulang-ulang ketika digunakan sambil dicharge. Awalnya, saya mengira kalau yang rusak adalah chargernya. Namun, setelah saya beli charger baru, ternyata masih terdengar bunyi seperti itu. Sampai disini saya masih kebingungan, sebenarnya apa yang bermasalah. Lalu saya coba tanya ke grup Facebook, kebanyakan dari member menjawab kalau ada masalah di port charger.

Dari jawaban member grup tersebut, saya percaya kalau ada kerusakan pada port charger karena sumber suaranya memang dari situ. Banyak yang menyuruh membawa ke service centernya saja kalau masih ada garansi, tapi garansinya sudah habis. Ada juga yang menyuruh membongkar dan solder pada bagian yang bermasalah. Saya tidak melakukan semua yang mereka perintahkan karena pertama, garansi laptop saya memang sudah habis, kedua, saya tidak bisa solder. :D
Setelah benar-benar saya selidiki, ternyata sumber bunyi bukan dari port charger melainkan dari LCD. Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi sedikit cerita ketika mengalami LCD laptop yang bunyi. Di akhir artikel, akan saya berikan penyebab dari bunyi yang muncul pada LCD.

LCD Laptop Bunyi, Ini yang Saya Lakukan

Nah, setelah mendapat beberapa jawaban dari member tersebut, saya langsung action melakukan apa saja yang saya ketahui, masa lulusan TKJ tidak berani utak-atik laptop. Karena sebelumnya saya upgrade RAM dan ganti LCD, maka saya juga cek adalah bagian tersebut walaupun sedikit tidak nyambung. Berikut ini adalah urutan utak-atik ngawur yang saya lakukan ketika LCD laptop bunyi.

1. Bongkar Laptop

Saya memang begini orangnya, dikit-dikit suka bongkar laptop walaupun setiap merakit selalu ada baut yang tersisa. Setelah semua terbongkar, saya cek pada bagian port charger dan ternyata tidak ada yang retak sedikitpun. Sampai disini saya menganggap kalau masalahnya bukan pada port laptop.

2. Cek RAM

Seperti yang saya katakan di atas, sebelum masalah muncul, saya pernah upgrade RAM, jadi saya mencoba melepas RAM dan hanya memasang 1 keping saja. Pokoknya, semua RAM yang saya miliki saya coba satu per satu, eh ternyata masih bunyi. Yaudah, saya anggap masalahnya bukan pada RAM.

3. Cek LCD

Saya ingat kalau saya juga baru ganti LCD. Lalu saya lepas LCD dan mencoba menghidupkan laptop tanpa LCD, dan akhirnya ketemu juga penyebab bunyi pada laptop, ternyata bersumber pada LCD. Sampai disini saya putuskan kalau sumber masalahnya pada LCD.

Lalu, Kenapa LCD Laptop Berbunyi?

Sebelumnya, saya juga kurang apa penyebab LCD laptop bisa bunyi. Saya mencoba menanyakannya pada si penujual dan dia hanya menjawab "Itu normal, mungkin daya dari laptop kurang" dan secara otomatis saya tidak percaya. Lalu saya searching di Google dan ketemu thread sebuah forum yang membahas LCD bunyi. Ada seseorang yang berkomentar, intinya kira-kira begini.

Coba kurangi kecerahan LCDnya, biasanya bunyinya akan lebih keras. Setelah itu coba tambah kecerahan LCD sampai full, biasanya bunyinya akan hilang. Jika memang begitu, maka terjadi kebocoran pada bagian LCD.

Nah, setelah membaca komentar tersebut, saya mencoba untuk meredupkan LCD dan ternyata memang benar suaranya lebih keras. Setelah itu saya coba menambah kecerahan LCD sampai full, dan benar lagi ternyata suaranya hilang. Jadi memang benar terdapat kebocoran pada bagian tabung LCD (lupa namanya, pokoknya tabung di LCD).

Sampai disini saya mulai lega dan memutuskan untuk tetap memakai LCD tersebut karena ketika kecerahan dimaksimalkan, bunyi nging sudah hilang. Sampai saat ini saya masih memakai LCD tersebut dan masih aman, hanya saja kecerahan yang terlalu tinggi sedikit mengganggu mata saya.

Nah, itulah sedikit cerita saya mengenai LCD laptop yang berbunyi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan memberikan sedikit gambaran kepada Anda.
Buka Komentar