Cara Mengatasi Komputer Hidup Monitor Hitam Tidak Menyala

Cara Mengatasi Komputer Hidup Monitor Hitam Tidak Menyala

Layar Komputer Hitam Tidak Menyala
Komputer hidup tapi monitor tidak menyala! Apakah Anda sedang mengalami masalah ini? Jika ya, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara mengatasinya sesuai apa yang pernah saya alami. Ingat, cara ini sesuai dengan yang pernah saya alami loh ya, berhasil tidaknya saya juga kurang tahu karena bisa saja permasalahan yang ada pada komputer Anda berbeda dengan masalah yang ada pada komputer saya. Jadi, disini saya hanya berbagi pengalaman saja dengan harapan bisa membantu.

Monitor sendiri merupakan perangkat keras komputer yang digunakan sebagai output data secara grafis pada CPU. Adapun jenis-jenis monitor antara lain CRT (Chatode Ray Tube), LCD (Liquid Cristal Display), LED (Light Emiting Diode), dan Plasma. Monitor akan menampilkan output berupa video dari sebuah CPU. Kegunaan monitor tidak bisa dipisahkan dalam pemakaian suatu komputer, jikapun bisa maka akan lebih rumit karena memerlukan output untuk menampilkan video, seperti LCD projector misalnya.
Penyebab monitor komputer mati ada bermacam-macam, namun kalau yang pernah saya alami hanyalah kabel VGA kendor, RAM kotor, dan slot RAM kotor. Itu semua bisa diatasi dengan sangat mudah, bagi yang belum tahu caranya silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Cara Mengatasi Layar Komputer Tidak Menyala

Cara yang saya bagikan ini hanya membutuhkan obeng, kuas, dan penghapus karet saja. Untuk apa? baca saja sampai selesai, nanti juga tahu sendiri. Baiklah, simak caranya di bawah ini, baca dan langsung praktikkan ya!

#Cara Pertama : Cek Kabel VGA

Yang pertama harus dilakukan hanyalah mengecek kabel VGA. Silahkan cek apakah kabel sudah terpasang dengan benar atau belum, kalau perlu lepas kabel tersebut lalu pasang kembali. Kabel VGA berfungsi untuk menghubungkan PC dengan monitor, jadi kalau kabel VGA lepas ya wajar kalau monitor tidak mau tampil.

Setelah Anda cek, silahkan Anda hidupkan komputernya. Jika monitor sudah hidup, maka selamat Anda berhasil, berarti masalahnya terletak pada kabel VGA yang kendor saja. Namun jika ternyata belum hidup, silahkan Anda coba kabel VGA tersebut pada komputer lain (komputer teman misalnya). Jika bisa, maka masalahnya bukan terletak pada kabel VGA, melainkan pada hardware lainnya.

#Cara Kedua : Bersihkan RAM

Disinilah fungsi obeng dan penghapus karet. Silahkan Anda lepas cassing PC dengan obeng yang telah dipersiapkan tadi. Setelah itu, lepas bagian RAM dan bersihkan menggunakan penghapus karet. Gosok-gosok saja sampai terlihat mengkilap, biasanya warna juga akan menjadi lebih keemasan ketika sudah bersih.

Jika sudah dibersihkan, silahkan Anda pasang kembali RAM tersebut dan coba hidupkan komputer. Jika sudah hidup, berarti masalahnya terdapat pada RAM yang kotor. Namun jika ternyata belum hidup, silahkan coba RAM tersebut pada komputer lain (komputer teman misalnya). Jika bisa, maka masalahnya bukan terletak pada RAM, melainkan hardware lainnya.

#Cara Ketiga : Bersihkan Slot RAM

Ini adalah langkah terakhir yang sering saya lakukan ketika monitor komputer mati, yaitu membersihkan slot RAM. Silahkan buka cassing dengan obeng, lepas RAM dan bersihkan slotnya menggunakan kuas. Slot RAM yang kotor terkadang tidak bisa membaca RAM dengan baik, walaupun RAM dalam keadaan bersih sekalipun.

Setelah dibersihkan, silahkan pasang RAMnya dan coba hidupkan komputernya. Jika monitor hidup, maka selamat Anda berhasil. Namun jika belum hidup, berarti masalahnya bukan terletak pada kabel VGA, RAM, maupun slot RAM.

Jika ketiga cara di atas tidak berhasil semua, ada kemungkinan terjadi kerusakan pada VGA. Kalau VGA sudah rusak ya mau tidak mau harus ganti dengan yang baru. Silahkan bawa ke tempat service terdekat, nanti akan dicek dan diberitahu permasalahannya.

Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya berikan. Semoga artikel pengalaman ini bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam mengatasi monitor yang mati.
Buka Komentar