Kelebihan Linux yang Tidak Dimiliki Sistem Operasi Windows

Kelebihan Linux yang Tidak Dimiliki Sistem Operasi Windows

Kelebihan Linux
Linux dan Windows seperti sistem operasi yang berbanding terbalik. Bagi yang pernah menggunakan Linux, pasti menemukan adanya fitur yang tidak terdapat pada Windows. Begitupun sebaliknya, bagi yang pernah menggunakan Windows, pasti menemukan fitur yang tidak terdapat pada Linux. Intinya, baik Linux ataupun Windows memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Linux sendiri merupakan sebuah sistem operasi open source yang ditemukan oleh Linus Torvalds. Saat ini, pengguna Linux masih kalah banyak jika dibandingkan dengan Windows. Kenapa? kemungkinan besar karena Windows adalah sistem operasi yang dikenalkan pertama kali pada kebanyakan orang. Jika Anda perhatikan, sekolah-sekolah dari SD pasti menggunakan Windows untuk bahan ajar.
Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit informasi kepada Anda semua mengenai kelebihan-kelebihan yang dimiliki Linux, namun tidak dimiliki Windows. Saya yakin, masih banyak yang belum tahu kelebihan Linux ini. Oleh karena itu, bagi yang penasaran silahkan langsung simak artikel ini sampai selesai.

Kelebihan Sistem Operasi Linux

Jika Anda memperhatikan, sistem operasi Linux memiliki logo berupa hewan yaitu Penguin. Entah apa maksud dari logo tersebut, saya juga kurang tahu. Oh ya, untuk tambahan informasi tentang Linux, silahkan baca artikel Pengalaman Menggunakan Linux. Dalam artikel tersebut saya menuliskan beberapa distro Linux yang pernah saya pakai.

Baiklah, berikut ini adalah kelebihan sistem operasi Linux:

#1. Open Source

Open source merupakan sebuah sistem operasi dimana kode pemrogramannya terbuka, jadi kita bisa mengubah dan mengembangkannya sesuai keinginan. Berbeda dengan Windows yang bersifat close source, kita tidak bisa memodifikasi sistem Windows, jikapun bisa pasti akan sangat terbatas.

Bagi Anda yang suka ngoprek, sistem operasi Linux sangat cocok untuk Anda gunakan sebagai percobaan. Anda bebas mengubah sesuaikan tampilan sistem tanpa ada batasan. Menambah, mengurangi, dan menghapus tanpa harus meminta izin kepada pembuatnya, karena dari awal sistem operasi ini memang sudah bebas dikembangkan, bahkan bisa dijadikan sistem operasi (distro) baru.

#2. Gratis

Ya, Linux memang gratis, Anda tidak perlu membelinya terlebih dahulu untuk menggunakannya. Bahkan, Anda bisa memilih jenis-jenis distro yang tersebar banyak, entah itu Ubuntu, Arch Linux, Linux Mint, Kali Linux, atau distro lainnya. Lain halnya dengan Windows, hampir semua sistem operasi Windows tidak ada yang gratis, semuanya berbayar.

Jikapun ada yang gratis, kemungkinan karena sudah ada versi yang baru. Seperti contoh, saat ini Windows XP sudah bebas digunakan secara gratis. Jika seandainya Anda ingin menggunakan Windows 7, 8, atau 10 secara gratis, mungkin harus menunggu berpuluh-puluh tahun lagi.

#3. Kebal Virus

Linux memang kebal virus, saat saya menggunakan Linux, sama sekali belum pernah terkena virus. Lain halnya dengan Windows, dulu saya pengguna Windows dan memang sering sekali terkena virus. Awalnya virusnya hanya di flashdisk, namun tanpa sadar sudah masuk ke hardisk dan mau tidak mau harus install ulang.

Saya yakin, bagi Anda pengguna Windows, pasti sudah pernah kan terkena virus, ya walaupun cuma sekadar virus yang tidak berbahaya. Pengalaman paling pahit ketika menggunakan Windows adalah terkena virus sampai harus format semua hardisk, sudah coba install ulang tapi sama saja, yaudah langsung format hardisk saja.

#4. Lebih Ringan

Ini fakta, Linux memang lebih ringan dibandingkan dengan Windows. Menurut saya, yang membuatnya lebih ringan adalah interface yang tidak terlalu mewah. Jika dibandingkan dengan Windows, Linux memang kalah dari segi tampilan, karena interface Windows memang sangat keren.

Tapi ya itu tadi, interface yang begitu mewah membuat Windows semakin berat, untuk menjalankan tampilan saja bisa memakan banyak resource. Tapi walaupun kalah dari segi tampilan, tetap bisa bersaing kok, ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mempercantik tampilan Linux, tinggal berkreasi saja.

#5. Lebih Aman

Untuk segi keamanan, Linux memang tidak diargukan lagi. Banyak sekali perusahaan yang menjadikan Linux sebagai server karena mereka percaya kalau Linux memang aman. Salah satu contoh keamanannya ya seperti poin nomor 2 yaitu kebal virus.

Kenapa Linux aman dari virus? Linux adalah sistem operasi multi user, jika salah satu user terkena virus (jarang), virus tersebut akan sangat sulit untuk menyerang user lainnya. Pokoknya, tidak usah ragu lagi lah dengan keamanan Linux. Namun walaupun begitu, bukan berarti Linux tidak bisa terkena virus ya, tetap bisa tapi sangat sulit.

Nah, itulah artikel singkat mengenai kelebihan sistem operasi yang tidak dimiliki oleh Windows. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Gimana, tertarik menggunakan Linux setelah mengetahui beberapa kelebihan di atas?
Buka Komentar