Tips Cara Download File Besar Agar Tidak Gagal Paling Ampuh

Tips Cara Download File Besar Agar Tidak Gagal Paling Ampuh

Cara Download File Besar Agar Tidak Gagal
Download merupakan aktivitas mengambil atau mengunduh file dari internet untuk dimasukkan ke komputer ataupun smartphone. Saya yakin pengguna internet hampir semuanya pernah melakukan aktivitas download. Banyak jenis file yang bisa didownload di internet, mulai dari dokumen, gambar, video, arsip, dan lain sebagainya. Bagi Anda para downloader, saya harap menyimak artikel ini sampai selesai. Khususnya yang suka download file besar sebesar gajah.

File yang tersedia di internet bermacam-macam ukurannya, ada yang kecil, sedang, sampai yang besar. Untuk ukuran kecil biasanya seperti file text atau dokumen. Untuk file ukuran sedang biasanya seperti musik atau gambar. Dan untuk ukuran besar biasanya seperti film, game, dan software. Pernahkah Anda mendownload file besar? Jika pernah, pernahkah Anda mengalami kegagalan entah itu macet di tengah jalan atau file menjadi corrupt ketika mendownload file besar?
Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips agar ketika download file besar tidak mengalami kegagalan. Karena gagal download file besar akan sangat membuat jengkel, terlebih jika proses sudah mau selesai.

Cara Download File Besar Agar Tidak Gagal

Artikel ini sengaja saya buat untuk Anda yang suka download file besar agar tidak mengalami kegagalan. Saya sendiri sering kok mengalami kegagalan ketika download file besar, tapi itu dulu, kalau sekarang sih sudah jarang atau bahkan tidak pernah.

Bagi Anda yang penasaran, silahkan beberapa tips di bawah ini.

1. Gunakan WiFi Ketika Download File Besar

WiFi memiliki akses yang jauh lebih cepat daripada data seluler ataupun modem. Maka dari itu, ketika hendak mendownload file besar silahkan gunakan WiFi saja. Selain bisa menghemat kuota data Anda, kecepatan downloadnya juga lebih cepat. Bagi yang belum punya WiFi, bisa menggunakan WiFi tetangga atau bisa juga pergi ke WiFi Corner. Murah kok, beli voucher paling cuma 5.000 sudah bisa menikmati internet cepat selama 12 jam.

Kelebihan mengunakan WiFi ketika mendownload file adalah bisa mengurangi kemungkinan file corrupt. Kenapa begitu? Karena WiFi biasanya mempunyai kecepatan yang stabil. Coba saja Anda mendownload file 2GB menggunakan kuota data dengan sinyal yang naik turun (kecepatan di bawah 300kbps). Bisa dipastikan file akan corrupt.

2. Gunakan IDM Ketika Download File Besar

IDM atau Internet Download Manager merupakan sebuah software yang dapat mempercepat proses download file besar. Aplikasi ini memang jauh lebih cepat dibandingkan menggunakan browser bawaan. Maka dari itu saya sarankan, silahkan gunakan IDM ketika mau download file besar. IDM memang tidak gratis, tapi Anda bisa menggunakan IDM trial selama 30 hari kalau tidak salah. Lumayan lah, 30 hari untuk mendownload file besar juga udah lama banget.

3. Pilih Server Download Terbaik

Pada beberapa situs, mereka menyediakan beberapa server download. Jika Anda pernah download anime pasti paham lah. Server yang saya maksud seperti contoh Tusfiles, Google Drive, Solidfiles, dan sebagainya. Untuk server yang paling saya suka adalah Google Drive. Karena menurut saya, Google Drive adalah server download yang terbaik dan cepat pula.

Nah, mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa mencegah kegagalan ketika Anda mendownload file besar. Sebenarnya masih banyak sekali tips lainnya, tapi yang menurut saya paling efektif adalah beberapa cara di atas.
Buka Komentar