Dampak Buruk Terlalu Sering Menekan Tombol Refresh F5

Dampak Buruk Terlalu Sering Menekan Tombol Refresh F5

Dampak Buruk Refresh Laptop
Bagi Anda pengguna sistem operasi Windows, baik itu Windows 7, Windows 8, maupun Windows 10, pasti sudah tidak asing lagi kan dengan tombol refresh atau F5 pada keyboard? Saya yakin, Anda masih sering menekan tombol ini ketika performa laptop atau komputer terasa lemot, benar? Jika benar, tahukah Anda apa fungsi sebenarnya dari tombol refresh ini?

Saking seringnya, pengguna Windows sampai tidak tahu kalau ternyata menekan tombol ini bisa berakibat buruk terhadap performa laptop atau komputer. Dulu saya juga sering melakukan hal tersebut, namun sekarang sudah tidak lagi. Kenapa? karena saya sudah tahu kalau memang ada dampak buruk dari menekan tombol refresh terlalu sering dan tidak memberikan efek positif terhadap performa.
Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit informasi mengenai bahaya terlalu sering menekan tombol refresh pada laptop dan komputer. Untuk Anda yang masih sering melakukan hal ini, bisa dibaca artikel ini sampai selesai untuk sekadar menambah pengetahuan saja.

Bahaya Menekan Tombol Refresh Terlalu Sering

Tahukah Anda apa sih sebenarnya fungsi dari tombol refresh ini? Fungsi dari tombol refresh pada laptop dan komputer adalah memperbaharui atau memuat ulang tampilan. Seperti contoh pada desktop Windows, ketika saya membuat shortcut pada desktop, terkadang shortcut tersebut tidak langsung muncul, melainkan harus direfresh terlebih dahulu baru muncul.

Apakah Anda percaya dengan fungsi sebenarnya dari refresh di atas? Percaya atau tidak itu hak masing-masing pengguna. Nah, sekarang mengenai bahayanya, apakah memang berbahaya? Sebenarnya tidak berbahaya, namun hanya ada beberapa dampak buruk saja yang ditimbulkan, berikut di antaranya:

#1. Processor Jadi Terbebani

Ketika komputer atau laptop direfresh berulang-ulang, processor akan bekerja 2x lipat dari kondisi normalnya. Mungkin sampai saat ini Anda masih berpikiran kalau melakukan refresh bisa meningkatkan kinerja RAM dan Processor sehingga membuat laptop semakin ringan. Ini salah, seperti yang saya katakan di atas, melakukan refresh berfungsi untuk memperbaharui tampilan, bukan mempercepat kinerja laptop ataupun komputer.

#2. Tidak Akan Membuat Kinerja Semakin Cepat

Menekan tombol refresh sering dilakukan saat komputer atau laptop sedang lemot. Kebanyakan orang berasumsi kalau melakukan hal ini akan mempercepat kinerja, padahal tidak sama sekali. Seperti contoh pada browser Google Chrome. Tombol F5 pada Google Chrome juga memiliki fungsi untuk merefresh. Namun, apa yang terjadi ketika kita menekan tombol F5? Yup, Google Chrome akan memuat ulang halaman yang tadi diakses, apakah ini mempercepat kinerja Google Chrome? Tidak! ini hanya memperbaharui halaman saja.

Ini Waktu yang Tepat untuk Menekan Refresh

Nah, kalau Anda ada pertanyaan "jika bukan untuk mempercepat kinerja laptop, lalu apa fungsi dari tombol refresh dan kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya?". Baiklah, berikut ini adalah waktu yang tepat untuk menekan tombol refresh.
  1. Shortcut desktop yang dibuat tidak muncul.
  2. Saat Anda mengubah icon shortcut namun belum berubah.
  3. Icon desktop tidak muncul.
  4. Memperbaharui halaman browser Google Chrome atau Mozilla.

Pada intinya, fungsi tombol refresh adalah memperbaharui tampilan, bukan mempercepat kinerja laptop. Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.
Buka Komentar