Cara Share Folder dari Windows ke VirtualBox Tanpa Ribet

Cara Share Folder dari Windows ke VirtualBox Tanpa Ribet

Cara Share Folder dari Windows ke VirtualBox
Selamat datang kembali teman-teman TKJ seluruh Indonesia. Sudah lama tidak membuat artikel tentang TKJ. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sebuah tutorial berbagi (sharing) folder Windows ke VirtualBox dengan mudah. Artikel ini merupakan salah satu materi kelas X ketika melakukan praktek instalasi sistem operasi.

Sebelumnya, tidak ada salahnya kalau kita membahas mengenai apa sih VirtualBox itu? VirtualBox adalah sebuah software virtual yang biasa digunakan untuk belajar menginstall sistem operasi. Kalau pada praktek TKJ, aplikasi ini digunakan untuk belajar instalasi Windows, Ubuntu, Debian, dan sistem operasi lainnya. Benar kan? Dengan VirtualBox, kita bisa menjalankan dua sistem operasi sekaligus, namun salah satu sistem operasi tersebut dijalankan dengan mesin virtual (VirtualBox).
Saya yakin, teman-teman semua sudah bisa berbagi folder dengan VirtualBox ini. Jikapun belum bisa, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial paling mudah untuk sharing folder Windows ke VirtualBox. Penasaran? langsung simak caranya di bawah ini.

Cara Sharing Folder VirtualBox

Oh ya, untuk Windowsnya bebas ya, bisa Windows 7, Windows 8, ataupun Windows 10. Kalau dalam tutorial kali ini, saya menggunakan Windows 7. Baiklah, berikut ini adalah langkah-langkah sharing folder Windows ke VirtualBox.
  1. Jalankan software VirtualBox.
  2. Kemudian, install Guest Additions. Caranya dengan klik Settings lalu pilih Masukkan image CD Guest Additions.
  3. Setelah itu, buka Windows Explorer lalu klik yang saya lingkari.
  4. Kemudian akan muncul pilihan seperti gambar di bawah. Penjelasan: Jika teman-teman menggunakan Windows 32bit, maka pilih VBoxWindowsAdditions-x86. Namun, jika menggunakan Windows 64bit, silahkan pilih VBoxWindowsAdditions-amd64.
  5. Install sampai selesai. Jika sudah, centang Reboot now dan pilih Finish. Dengan melakukan langkah ini, maka sistem operasi pada VirtualBox akan melakuakn reboot dengan sendirinya.
  6. Jika sudah selesai reboot, silahkan matikan mesin VirtualBox. Pada VirtualBox, pilih Pengaturan > Folder Bersama > tombol +.
  7. Selanjutnya, klik Lainnya lalu ubah folder sesuai yang ingin dibagikan ke VirtualBox. Sebagai contoh saya ingin membagikan Data D, jangan lupa untuk mencentang Kaitkan Otomatis.
  8. Terakhir, jalankan sistem operasi pada VirtualBox. Lalu buka Windows Explorer dan lihat, Data D sudah berhasil dibagi ke VirtualBox.
  9. Selesai

Nah, itulah tutorial berbagi folder bersama di VirtualBox. Bagaimana, sangat mudah bukan? Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.
Buka Komentar