3 Cara Screenshot Lewat Laptop yang Bisa Anda Lakukan

3 Cara Screenshot Lewat Laptop yang Bisa Anda Lakukan

Cara Screenshoot Lewat Laptop
Apa itu screenshot? Screenshot atau capture bisa diartikan sebagai bentuk tangkapan layar. Itu artinya, apabila kita memotret apa saja yang ditampilkan akan menjadi bentuk gambar. Fitur screenshot ini mempunyai banyak fungsi terlebih bagi Anda yang ingin mengabadikan atau menyimpan moment penting yang ada pada layar laptop.

Biasanya, screenshot ini sering digunakan oleh para penjual online untuk menangkap gambar yang berisi adanya testimony dan sebagainya. Bahkan, ada juga yang memanfaatkannya untuk mengabadikan bukti transfer internet Banking yang dilakukan pada laptop.
Begitupun dengan para blogger karena dengan adanya fitur screenshot ini memang sangat bermanfaat untuk menjadikan postingan yang berbentuk tutorial terlihat lebih jelas. Sehingga bisa dikatakan dengan adanya screenshoot ini menjadi pendukung sebuah instruksi sehingga mudah dibaca.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengetahui beberapa cara mengcapture di laptop

1. Tombol Sreenshot Printsecreen (PrtScSysRq)

Perlu diketahui bahwa pada semua jenis computer maupun laptop sudah mempunyai fitur screenshoot. Itu artinya, cara screen capture di laptop ini bisa dilakukan pada laptop Asus, Acer, Toshiba dan Lenovo tanpa adanya bantuan aplikasi screenshot laptop.

Cara intinya Anda bisa memanfaatkan fungsi tombol Screenshot pada keyboard. Ya, tombol ini disebut dengan tombol Printscreen yang merupakan cara screenshot layar laptop paling sederhana.
  • Tampilkan layar pada laptop yang akan di screenshot. 
  • Tekan tombol screenshot (PrtSc) dan tekan sekali saja 
  • Tidak akan reaksi apa-apa sesudah menekan tombol tersebut, namun saat melakukan hal tersebut sebenarnya sudah memerintahkan untuk mencopy tangkapan dan setelahnya Anda hanya perlu mempaste gambarnya. 
  • Silahkan buka program pengolah gambar pada laptop Anda, yang paling sederhana dengan menggunakan Microsoft Paint 
  • Screenshoot pun akan terlihat dan siap disimpan atau diedit. 

2. Kombinasi Tombol Windows + PrSc

Cara capture di pc yang ini masih memanfaatkan fitur pada tombol screenshoot PrtSC, akan tetapi Anda tidak perlu repot untuk melakukan paste pada aplikasi Paint.

Caranya, Anda hanya perlu menekan kombinasi tombol Windows + PrtSC secara bersamaan yang seketika akan ditangkap oleh layar ditangkap akan sedikit berkedip. Dalam hal ini menandakan bahwa screenshot sudah diambil dan gambar siap disimpan.

3. Aplikasi Snipping Tool

Cara screenshot layar computer juga bisa dengan bantuan aplikasi yang sejatinya merupakan aplikasi bawaan windowsnya. Sehingga setiap laptop yang berbasis windows 7, 8 atau 10 ini bisa menggunakan aplikasi Sniping Tool untuk alat bantu Screenshot.

Cara mengcapture di laptop pun sangat mudah, cukup dengan membuka search column kemudian ketikan snip. Maka akan muncul aplikasi tersebut bersama dengan icon gunting berbentuk elips di atasnya.

Cukup mudah dalam penggunaanya, Anda bisa pindahkan atau sematkan snipping tool pada taskbar. Sehingga, apabila Anda akan menggunakannya Anda tinggal membukanya. Setelah itu, Anda bisa memilih jenis bentuk screenshot yang diinginkan, ada bentuk kotak (rectangular), full screen atau windows snip.

Setelah itu, layar pun akan berubah warna dan terlihat sedikit berwarna abu-abu. Dan pada saat itulah Anda bisa memilih atau menyeleksi bagian mana yang akan diambil screenshootnya.

Itulah beberapa cara screenshoot pada layar laptop, semoga ulasan di atas bisa membantu Anda.
Buka Komentar