Cara Mengunci Flashdisk Agar Tidak Bisa di Copy dan Dibuka

Cara Mengunci Flashdisk Agar Tidak Bisa di Copy dan Dibuka

Cara Mengunci Flashdisk Agar Tidak Bisa Dibuka
Terkadang, flashdisk digunakan sebagai tempat penyimpanan file yang penting dan rahasia. Jadi, kurang aman rasanya jika dibiarkan begitu saja tanpa ada pengaman khusus. Terlebih jika flashdisk tersebut sering dipinjamkan kepada orang lain, karena bukan tidak mungkin di antara mereka ada melakukan copy paste file tersebut. Anda pasti tidak mau dong kalau file penting yang ada di flashdisk diambil orang lain tanpa sepengetahuan Anda? Maka dari itu, Anda harus mengunci flashdisk tersebut agar tidak bisa di copy.

Cara mengunci flashdisk ini bisa Anda lakukan pada sistem operasi Windows berapa saja. Selain itu, Anda tidak memerlukan software tambahan apapun karena yang akan digunakan dalam tutorial ini hanyalah script dan notepad saja. Ketika Anda menjalankan script ini pada komputer, maka secara otomatis data flashdisk Anda sudah tidak bisa di copy lagi. Ingat, script ini berjalan pada komputer, bukan flashdisk. Jadi, jika Anda menginginkan agar flashdisk tidak bisa di copy di komputer lain, Anda harus menjalankan script tersebut setiap kali menghubungkan flashdisk.
Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tutorial cara mengunci data flashdisk agar tidak bisa di copy. Cara ini tidak memerlukan aplikasi tambahan karena cukup menggunakan notepad dan sedikit script saja.

Cara Mengunci Data Flashdisk Agar Tidak Bisa Dibuka

Penting : Saya ingatkan lagi, script ini berjalan di komputer, bukan di flashdisk. Jadi, setiap kali Anda mencolokkan flashdisk ke komputer lain yang belum pernah menjalankan script tersebut, data flashdisk tetap bisa dicopy. Pada intinya, file flashdisk tidak bisa dicopy pada komputer yang sudah pernah menjalankan script tersebut.

Nah, bagi yang penasaran dengan cara mengunci data flashdisk agar tidak bisa dibuka, silahkan lihat langkah di bawah ini.

#Cara Mengunci data Flashdisk

1. Silahkan buka Notepad pada Windows Anda.
2. Setelah itu, masukkan script di bawah ini ke Notepad.

Windows Registry Editor Version 5.00
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\StorageDevicePolicies]
"WriteProtect"=dword:00000001

3. Selanjutnya, simpan file tersebut dengan nama terserah dan extensi .reg seperti contoh kunciflashdisk.reg
4. Jalankan file yang barusan disimpan dengan cara double klik, ketika muncul pemberitahuan seperti di bawah ini, langsung klik Yes.


5. Langkah terakhir, tinggal restart komputer dan berhasil, file flashdisk sudah tidak bisa dicopy di komputer Anda.

#Cara Membuka Kunci Flashdisk

Jika ingin mencopy file tersebut, maka Anda harus membuka kuncinya. Di bawah ini adalah cara membuka kunci flashdisk.

1. Silahkan buka Notepad pada Windows Anda.
2. Setelah itu, masukkan script di bawah ini ke Notepad.

Windows Registry Editor Version 5.00
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\StorageDevicePolicies]
"WriteProtect"=dword:00000000

3. Selanjutnya, simpan dengan nama terserah dan extensi .reg sama dengan di atas, seperti contoh bukaflashdisk.reg
4. Jalankan file tersebut dengan cara double klik dan langsung klik Yes jika ada pemberitahuan muncul.
5. Selesai.

Nah, itulah cara sederhana mengunci flashdisk agar tidak bisa dicopy. Jika ada yang masih bertanya, "Kenapa kok tetap bisa di copy di komputer lain?" berarti Anda tidak membaca artikel ini dari awal. Silahkan baca yang saya blockquote, maka Anda akan paham.

Mungkin hanya ini saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan dapat memberikan sedikit pengetahuan.
Buka Komentar