Cara Mengatasi Security Certificate Error pada Semua Browser

Cara Mengatasi Security Certificate Error pada Semua Browser

Cara Mengatasi Security Certificate Error
Cara mengatasi security certificate error pada Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, dan browser lainnya sebenarnya sangat mudah. Biasanya, masalah ini disebabkan karena ada kekeliruan dalam komputer ataupun browsernya. Kode error pada masalah ini bukan hanya security certificate error saja, namun ada yang lain juga seperti secure connection failed, SSL connection error, untrusted connection, dan masih banyak lainnya.

Web browser adalah sebuah software yang digunakan untuk menjelajah internet. Web browser yang populer dan banyak digunakan adalah Mozilla Firefox, Google Chrome, dan juga Internet Explorer. Untuk Internet Explorer sendiri, saat ini sudah jarang digunakan karena fitur-fiturnya sudah tertinggal oleh browser lainnya. Bahkan Internet Explorer telah diganti dengan Microsoft Edge pada Windows 10 saat ini.
Nah, bagi Anda yang sedang mengalami masalah ini, pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai cara mengatasi security certificate error. Cara ini sering saya gunakan, tidak memerlukan software apapun karena toolsnya sudah tersedia pada komputer dan browser Anda.

Cara Memperbaiki Security Certificate Error

Yang akan digunakan kali ini adalah setting pada browser dan setting pada komputer. Cara ini kemungkinan besar berhasil, saya sendiri juga sering menggunakan cara ini untuk mengatasi security sertificate error. Baiklah, langsung simak caranya di bawah ini.

#Cara Pertama: Mengubah Waktu Komputer

Perlu diketahui, waktu komputer yang tidak tepat memang bisa menyebabkan beberapa masalah, contohnya security certificate error ini. Contoh lain adalah pada waktu Android, jika waktu tidak sesuai, maka aplikasi WhatsApp akan error. Oleh karena itu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengubah waktu komputer. Caranya sangat mudah.
  • Silahkan klik jam dan tanggal (pojok kanan bawah).
  • Selanjutnya, klik Change date and time settings.
  • Kemudian, klik Change date and time. Silahkan sesuaikan dengan tanggal dan waktu yang benar.
  • Langkah terakhir klik Apply lalu Ok.

Cara di atas merupakan cara mengubah waktu di sistem operasi Windows. Untuk sistem operasi Linux atau lainnya, mungkin bisa menyesuaikan.

#Cara Kedua: Menghapus Data Browser

Untuk cara yang ini bisa dilakukan pada semua sistem operasi, termasuk Windows dan Linux. Fungsi menghapus data (cache, cookie, history) pada browser adalah untuk menghilangkan sampah-sampah yang kemungkinan merupakan penyebab masalah security certificate error.
  • Masuk ke browser dan tekan Ctrl+Shift+Del secara bersamaan.
  • Pada rentang waktu atau time range to clear ubah menjadi Everything (Mozilla Firefox) atau the begining of time (Google Chrome).
  • Klik Clear now (Mozilla Firefox) atau Clear browsing data (Google Chrome) atau bisa juga dengan menekan Enter.
  • Selesai.

Nah, itulah cara mengatasi security cerificate error. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam mengatasi masalah ini. Jika masih bingung, silahkan tanyakan pada kolom komentar.
Buka Komentar