Cara Format Flashdisk di Linux dengan Terminal Tanpa Ribet

Cara Format Flashdisk di Linux dengan Terminal Tanpa Ribet

Cara Format Flashdisk di Linux
Linux merupakan sistem operasi Open Source yang gratis untuk dimodifikasi, disebarluaskan, ataupun dibuat menjadi distro sendiri di bawah lisensi GNU. GNU bisa juga disebut dengan GPL, merupakan singkatan dari General Public License, yaitu sebuah lisensi perangkat lunak bebas yang aslinya ditulis oleh Richard Stallman untuk proyek GNU.

Linux sendiri sebenarnya sama saja dengan Windows, sama-sama sistem operasi, hehehe. Linux juga dapat membaca flashdisk seperti sistem operasi pada umumnya. Yang membedakan adalah cara memformat flashdisk di Linux. Kalau di Windows, mungkin tinggal klik kanan pada nama flashdisk akan muncul pilihan format. Tapi kalau di Linux tidak demikian, ketika nama flashdisk di klik kanan tidak ada pilihan format.
Lalu bagaimana cara format flashdisk di Linux? Baiklah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan artikel mengenai cara memformat flashdisk di sistem operasi Linux. Sebenarnya jika sudah tahu caranya akan sangat mudah, tapi jika belum ya akan pusing sendiri.

Cara Format Flashdisk di Linux

Software yang akan digunakan untuk format flashdisk di Linux kali ini adalah Terminal. Sebenarnya bisa juga dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga lainnya, namun menurut saya menggunakan Terminal saja sudah cukup mudah. Baiklah, bagi Anda yang membutuhkan cara ini silahkan simak langkah di bawah ini.
  1. Silahkan masuk ke Terminal Linux Anda lalu masuk sebagai Admin.
  2. Jika sudah, silahkan ketikkan perintah sudo fdisk -l untuk melihat letak flashdisk lalu tekan enter. Lihat baik-baik gambar di bawah ini, perhatikan yang saya tandai.
    cara mudah format flashdisk di linux
  3. Dalam kasus ini, maka flashdisk saya terletak di /dev/sdc1. Ingat, letak flashdisk milik saya belum tentu sama dengan letak flashdisk milik Anda.
  4. Jika sudah menemukan letak flashdisk Anda, umount terlebih dahulu dengan perintah sudo umount "Letak Flashdisk" atau kalau punya saya sudo umount /dev/sdc1
  5. Langkah terakhir saatnya format flashdisk. Ketikkan perintah sudo mkfs.vfat /dev/sdc1. Selesai deh, jika format berhasil maka akan seperti gambar di bawah ini.
    cara format flashdisk linux

Nah, itulah artikel mengenai cara format flashdisk di Linux dengan terminal. Mungkin hanya ini saja yang dapat saya bagikan, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu menyelesaikan masalah Anda dalam memformat flashdisik di Linux.
Buka Komentar