Cara Uninstall Software di Windows 10 Paling Mudah Dilakukan

Cara Uninstall Software di Windows 10 Paling Mudah Dilakukan

Cara Uninstall Software
Ada banyak hal yang membuat sebuah software (program) harus dieliminasi dari komputer maupun laptop Anda. Dari mulai penghematan ruang di hardisk hingga software tersebut tidak lagi dibutuhkan. Agar software tersebut hilang 100% dari komputer Anda, proses uninstall wajib dilakukan. Jika Anda menggunakan Windows 10 maka Anda tidak perlu khawatir karena cara uninstall software melalui sistem operasi tersebut tidaklah sulit.

Windows 10 sudah diperlengkapi dengan mekanisme uninstall software (aplikasi atau program) yang mudah dan tidak sulit ditemukan. Dikutip dari CNET, kini Anda tidak perlu lagi mengakses menu uninstall melalui control panel, Windows 10 memiliki 3 cara berbeda untuk mengenyahkan software yang tidak Anda butuhkan di komputer atau laptop Anda. Berikut adalah ke-3 cara uninstall software melalui Windows 10.

Cara Ke-1: Melalui Menu Start

Cara uninstall software pertama di Windows 10 adalah melalui menu Start. Anda dapat meng-uninstall baik program yang Anda install maupun program (app) Windows 10 (software bawaan). Berikut langkah-langkahnya.
  1. Klik menu Start > All Apps. 
  2. Silakan pilih program yang akan di-uninstall. Kemudian, klik kanan program tersebut dan pilih Uninstall. 
  3. Jika Anda meng-uninstall program Windows 10 maka akan muncul pop-up yang bertuliskan: “This app and its related info will be uninstalled”. Klik Uninstall untuk menyelesaikan prosedur. 
  4. Jika Anda meng-uninstall program desktop atau program yang Anda install (bukan program bawaan Windows 10), maka Anda akan dialihkan ke menu Programs and Features. Pilih program yang akan Anda uninstall pada daftar dan klik Uninstall. Akan muncul pop-up yang menanyakan kembali apakah Anda akan yakin akan meng-Uninstall program tersebut. Klik Yes untuk melanjutkan prosedur. 
  5. Anda akan dialihkan menuju prosedur uninstall (uninstall wizard) program yang ingin Anda hilangkan. Ikuti prosedur untuk menyelesaikan proses uninstall program. 

Cara Ke-2: Melalui Menu Settings

Cara uninstall software kedua adalah melalui menu Setting. Cara ini dilakukan jika Anda tidak menemukan program yang akan Anda uninstall di menu Start. Berikut langkah-langkah yang harus Anda tempuh.
  1. Bukalah Settings menu: klik Start > Settings. 
  2. Pilih System dan klik Apps & Features. 
  3. Anda akan melihat daftar program apa saja yang sudah di-install di komputer. Anda dapat mencari program spesifik dengan menulisnya di Search atau menyortinya berdasarkan nama, ukuran, waktu install, dan tempat install. Pilih program yang akan di-uninstall, klik program tersebut, dan pilih Uninstall. 
  4. Akan muncul pop-up yang sama dengan pop-up yang sebelumnya di bahas. Kali ini, pop-up yang menanyakan keyakinan Anda dalam meng-uninstall program akan muncul baik untuk program Windows 10 maupun program non-Windows 10. 
  5. Klik Uninstall untuk menyelesaikan proses dan klik Yes jika pop-up yang menanyakan apakah Anda akan akan membiarkan program tersebut melakukan perubahan pada komputer Anda. 

Cara Ke-3: Melalui Control Panel

Cara uninstal software ketiga sekaligus cara terakhir adalah melalui Control Panel. Cara ini merupakan cara klasik yang sudah diterapkan sejak Windows versi lama. Namun, cara ke-3 ini hanya diperuntukkan bagi Anda yang ingin meng-uninstall program desktop bukan program bawaan Windows 10. Berikut langkah-langkahnya.
  1. Klik kanan Start menu dan pilih Control Panel. 
  2. Akses menu Programs and Features. Pilih program yang akan Anda uninstall, klik program tersebut dan pilih Uninstall. 
  3. Akan muncul pop-up yang menanyakan mengenai keyakinan Anda meng-uninstall program. Klik Yes. 
  4. Anda akan diarahkan pada prosedur uninstall program (uninstall wizard). Ikuti prosedur untuk menyelesaikan proses uninstall. 

Mengatasi Program (Software) yang Gagal Diuninstall

Sudah melakukan 3 cara uninstall software di atas, namun mengalami kegagalan. Tenang, proses uninstall yang gagal, bahkan software yang tidak mau diuninstall merupakan hal yang biasa terjadi. Terdapat beberapa alasan, dari mulai salah satu bagian program hilang atau rusak hingga adanya virus yang bersarang di program tersebut. Jangan khawatir, permasalahan tersebut dapat diatasi tanpa harus pergi ke tempat servis komputer.

Terdapat beberapa tips cara uninstall sofware yang bandel tersebut. Caranya pun bervariasi, dari mulai melakukan restore hingga menggunakan bantuan software atau tools uninstaller. Diambil dari Techradar, berikut adalah 4 tips menghapus program yang tidak mau diuninstal.

1. Uninstall Software Menggunakan Safe Mode

Beberapa program Windows ternyata terkunci. Oleh karenanya, Anda tidak bisa meng-uninstall program-program tersebut. Salah satu solusinya adalah dengan mengakses Safe Mode dan menghapusnya di sana. Jika Anda menggunakan Windows 10, Anda bisa mengaksesnya dengan menahan Shift, klik ikon Power, kemudian Restart. Setelah Anda berada di Safe Mode, lakukan prosedur uninstall melalui Control Panel.

2. Menggunakan System Restore

Untuk menghapus program yang tidak Anda inginkan, cara lain selain melakukan uninstall adalah mengembalikan komputer Anda ke masa lampau. Tepatnya, ke kondisi dimana program yang ingin Anda hapus belum diinstal. Sebelum bersiap menggunakan System Restore, pastikan Anda mem-back-up data penting terlebih dahulu. Selain itu, untuk menggunakan System Restore Anda harus sudah memiliki restore point terlebih dahulu.

3. Membersihkan Control Panel

Kadangkala proses uninstall yang Anda lakukan tidak benar-benar menghapus seluruh program. Tidak jarang masih ada sisa program yang harus Anda bersihkan melalui prosedur khusus. Anda dapat menghapus sisa program tersebut dengan mengakses:

Windows Registry – HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Uninstall.

Anda akan menemukan beragam sisa program yang Anda pikir sudah dihapus. Jika Anda menemukannya, Anda bisa segera menghapusnya.

4. Menghapus Program/Driver Update

Permasalahan yang disebabkan oleh update program maupun driver yang tidak rapi atau tidak sesuai dengan program lain merupakan permasalahan yang umum. Hal tersebut bisa menjadi penyebab proses uninstall yang gagal. Untuk mengatasinya, Anda dapat mendiagnosis apakah program yang tidak bisa diuninstall diakibatkan hal tersebut. Jika ya atau terdapat indikasi kuat, maka hapus saja update dari program atau driver tersebut.

Gunakan Software (Tools) Uninstaller Jika Masih Gagal

Jika cara uninstall software melalui Control Panel, Safe Mode, dan melalui Windows Registry gagal, maka cara terakhir adalah dengan menggunakan bantuan software uninstaller. Selain melalui software uninstaller, terdapat beberapa tools (tidak spesifik uninstaller) yang bisa Anda gunakan. Cara kerja software uninstaller tersebut sebenarnya sama atau tidak jauh berbeda dengan cara uninstall manual.

Perbedaannya adalah, program tersebut mampu mempermudah, mempercepat, dan menguninstall program yang gagal dihapus melalui cara umum. Anda dapat menggunakan software uninstaller yang berbayar maupun yang gratis. Beberapa software uninstaller populer yang memiliki penilaian dan reputasi yang baik adalah IObit Uninstaller, Revo Uninstaller, dan Absolute Uninstaller. Selain software tersebut ada juga beberapa tools lain.

Anda dapat menggunakan software Unlocker untuk membuka program yang dikunci dan 10AppsManager untuk menghapus program Windows yang sudah diinstal secara otomatis. Manfaat lain yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan software uninstaller adalah kemampuannya membabat habis sisa file atau data yang tidak terhapus pada proses uninstall biasa dan mendeteksi software yang tersembunyi yang terinstal di PC Anda.
Buka Komentar