Cara Pengaturan VGA untuk Mendapatkan Performa Terbaik

Cara Pengaturan VGA untuk Mendapatkan Performa Terbaik

Cara Pengaturan VGA\
Pengaturan VGA pada laptop dimaksudkan agar laptop Anda dapat beroperasi dengan mode "High Performance" pada laptop yang memiliki kapasitas untuk multi VGA atau laptop Switchable Graphics. Hal ini mungkin berguna untuk mengatasi ketidak-nyamanan dalam laptop yang menerapkan sistem Switchable Graphics-Dynamic Mode. Sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui cara pengaturan VGA.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaturan atau setting vga laptop digunakan untuk memilih vga yang mana, yang akan diterapkan dalam menjalankan suatu software tertentu yang ada pada perangkat laptop atau computer Anda.

Cara pengaturan VGA pada laptop

Jika memperhatikan kebanyakan pabrik laptop switchable graphics sebenarnya sudah menggabungkan vga Intel dan AMD (ATI), maka pada tahap pengaturan VGA ini pun akan dimulai dengan menggunakan software AMD (ATI) Catalyst Control Center.

Lazimnya, Software ini memang sudah terinstall pada laptop yang menggunakan vga AMD (ATI), namun jangan khawatir jika laptop Anda ternyata belum memiliki software AMD Catalyst Control Center, maka Anda dapat memulai cara pengaturan VGA ini dengan cara mendownloadnya sendiri terlebih dahulu.

Langkah mendownload software AMD Catalyst Control Center untuk computer atau laptop Anda:
  1. Yang pertama harus Anda lakukan tentu men-download driver vga AMD (ATI) terbaru dari internet, usahakan web sumber download Anda adalah yang terpercaya. Kemudian pastikan software yang Anda download sesuai vga yang terpasang (harus sesuai dengan merk dan serie laptop Anda). 
  2. Yang perlu Anda ketahui adalah, driver AMD Catalyst Control Center ini harus diunduh langsung dari official site produsen laptop Anda tersebut. 
  3. Mengapa harus dari official site produsen laptop tersebut? Hal ini tentu berkaitan dengan perangkat yang ada pada laptop Anda. Driver untuk laptop switchable graphics berbeda dengan driver laptop yang bukan switchable graphics. 
  4. Anda harus pastikan betul mengenai hal tersebut, sebab jika tidak demikian maka laptop tsb. akan kehilangan kemampuan switchable graphics-nya. 

Sebagai salah satu contoh adalah penggunaan AMD (ATI) Catalyst Control Center (CCC.exe) menggunakan laptop HP Pavilion G4-1212TX (i5) yang terdapat 2 vga (multi vga), yaitu Intel HD Graphics dan ATI Radeon HD6470M.

Untuk dapat melanjutkan dengan setting grafis dan sekaligus mengoperasikan laptop dengan menggunakan mode High Performance Anda harus melakukannya dengan 2 tahapan yang berbeda yaitu:
  1. Melakukan pengaturan pada setting Windows Power Option (Power Plan). 
  2. Melanjutkan pengaturan berikutnya pada setting AMD Catalyst Control Center (atau yang biasa disebut dengan ATI Catalyst Control Center). 

Ada beberapa catatan yang harus Anda ketahui agar keamanan laptop Anda tetap terjaga, dan proses yang Anda lakukan berjalan lancar dan normal yaitu:
  1. Jika Anda hendak mengoperasikan laptop atau notebook Anda dengan mode High Performance maka pastinya yang akan terjadi adalah laptop Anda tersebut akan menarik arus daya sangat besar, sehingga tidak disarankan untuk pengoperasian hanya dengan mengandalkan batery. Untuk itu, agar dapat meminimalisir kemungkinan terburuk Anda harus siap charger yang selalu terpasang. 
  2. Perlu Anda ketahui di awal bahwa risiko dalam mengoperasikan laptop atau notebook dengan menggunakan mode High Performance berpotensi menimbulkan panas yang tinggi dan berlebih, hal ini diperkirakan bisa merusak hardware yang berada di dalam laptop atau notebook Anda. 
  3. Dan seperti yang sudah lazim diketahui bahwa jika Anda mengoperasikan laptop atau notebook dengan menggunakan arus-daya besar dalam jangka waktu yang cukup lama, maka akan semakin besar kemungkinan komponen yang terpasang di motherboard dalam laptop atau notebook Anda mengalami kerusakan fatal. 

Cara Melakukan Pengaturan Windows Power Options

  1. Yang pertama pastikan bahwa Anda sudah memasang adapter atau charger laptop Anda sehingga arus listrik akan selalu mengalir ke perangkat Anda. 
  2. Selanjutnya Anda harus mengklik kanan icon Batery yang terdapat pada Taskbar, klik Power Options, lalu pilih High Performance, 
  3. Lanjutkan dengan menutup jendela Power Options yang sudah Anda atur tadi. 

Langkah Utama Cara Pengaturan VGA dari AMD Catalyst Control Center 

  1. Lakukan Klik-kanan bebas di berbagai area Desktop, lalu pastikan Anda memilih Configure Switchable Graphics, 
  2. Setelah itu Anda akan melihat tampilan jendela Catalyst Control Center - Switchable Graphics. Perhatikan jendela bau yang muncul baik-baik. 
  3. Selanutnya Anda harus memilih aplikasi yang akan dijalankan pada High Performance, Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol Browse, kemudian cari program nya [(nama-aplikasi).exe] sesuai dengan yang Anda inginkan, kemudian klik Open. 
  4. Selanjutnya Anda akan melihat box Other Applications, di situ akan muncul nama aplikasi yang telah Anda pilih tadi, perhatikan bagian di belakangnya maka akan muncul tombol Not Assigned yang berwarna kuning, perlu Anda ketahui ini berarti aplikasi telah terpilih, tetapi masih belum di atur pada mode High Performance. 
  5. Setelah itu, Untuk dapat mengatur sehingga aplikasi yang terpilih dapat dijalankan pada mode High Performance, Anda harus mengklik tombol Not Assigned (kuning). Ketika itu maka Anda akan melihat tombol akan berubah jadi High Performance (merah), lalu pastikan Anda mengklik Apply. 
  6. Sewaktu-waktu jika nanti Anda akan membuka Catalyst Control Center, maka pada box Recent Applications akan ditampilkan juga aplikasi yang pernah dijalankan, tampilan tersebut akan disertai tombol mode grafis yang menunjukkan dalam mode apa software sebelumnya yang pernah dijalankan tersebut. 
  7. Sebagai informasi, tombol mode grafis di yang terdapat belakang setiap aplikasi yang tercantum bisa Anda gunakan kapan saja untuk merubah setting mode grafis yang telah diterapkan pada aplikasi itu. 
  8. Selain itu Anda juga perlu mengetahui bahwa jika tombol berwarna Kuning (Not Assigned) itu Anda klik maka akan berubah menjadi tombol Merah (High Performance), dan jika tombol Merah tersebut Anda klik akan berubah menjadi tombol-Hijau (Power Saving). 
  9. Lalu perlu diingat bahwa setiap kali Anda merubah setting, Anda harus selalu mengakhiri dengan memilih tombol Apply. 

Istilah yang Wajib Anda Ketahui:

  1. Not Assigned artinya belum dilakukan pengaturan, sehingga program yang ada akan dijalankan pada mode Switchable Graphics (Intel - ATI). 
  2. Power Saving menandakan sudah dilakukan pengaturan menjadi mode grafis Standar (Intel HD Graphics).
  3. High Performance berarti telah dilakukan pengaturan pada mode grafis High Performance (ATI Radeon HD6470M). 

Catatan Lainnya:

AMD Catalyst Control Center bisa juga dibuka dengan dalam tampilan lengkap caranya adalah :
  1. Pilih Start, kmeudian lanjutkan dengan mengetik pada Search-box: CCC – lalu klik CCC.exe.. 
  2. Cara ini dilakukan agar dapat membuka Catalyst Control Center (CCC.exe) dengan disertai menu lengkap. 
  3. Pilih menu Power - klik sub-menu Power Play sehingga akan tampil informasi baru. 
  4. Selanjutnya pilih submenu Switchable Graphic. Langkah selanjutnya adalah sama persis dengan langkah-langkah yang tertera pada nomor 3 dan seterusnya.

Nah, itulah cara setting VGA laptop agar mendapatkan performa yang terbaik. Mungkin cukup sekian artikel pada kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.
Buka Komentar