Ampuh! 10 Cara Merawat Laptop dengan Benar Agar Tetap Awet

Ampuh! 10 Cara Merawat Laptop dengan Benar Agar Tetap Awet

Cara Merawat Laptop dengan Benar
Penggunaan laptop di zaman sekarang memang hampir menyusul penggunaan gadget. Terlebih bagi pekerja freelancer yang memang menuntut menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya. Sayangnya, terkadang penggunaan tersebut tidak diimbangi dengan cara perawatan yang benar. Akibatnya, terjadi masalah laptop seperti kinerjanya semakin lemot, laptop terjangkit virus.

Bahkan akibat paling parah yaitu laptop mengalami kerusakan. Hal itulah yang membuat kita wajib mengetahui cara merawat laptop dengan benar. Terlepas dari cara merawat laptop baru beli maupun laptop lama. Berikut 10 cara merawat laptop yang digunakan sehari – hari:

1. Hindari Benturan Keras Pada Laptop

Bisa dibilang, laptop merupakan perangkat yang tergolong rapuh atau mudah rusak. Misalkan jika laptop terjatuh, atau tak sengaja terkena benturan. Meskipun beberapa komponen bisa diganti. Namun, Anda juga perlu mengantisipasi agar kejadian semacam itu tidak terjadi.

Hal itu disebabkan karena, jika ketika terbentur atau jatuh. Laptop mengalami kerusakan pada harddisknya. Maka secara otomatis, Anda akan kehilangan data-data yang Anda simpan. Selain itu, kerusakan lain yang juga cukup serius yaitu pada monitor. Monitor yang rusak akan membuat Anda mengeluarkan budget yang dalam untuk menggantinya.

2. Jangan Menggunakan Laptop untuk Bermain Game Berat Terlalu Sering

Kebiasaan paling buruk yang selalu dilakukan oleh pengguna laptop. Khususnya untuk aktivitas gaming yaitu menggunakan laptop untuk bermain game berat terlalu sering. Anda sadari atau tidak. kebiasaan tersebut bisa mengakibatkan komponen laptop Anda mengalami overheat.

Bukan hanya itu, masalah lain yang bisa timbul akibat kebiasaan buruk tersebut yakni batrei laptop Anda bisa menjadi bocor. Berhati – hati dan menghindari overheat ketika menggunakannya bisa jadi langkah ampuh cara merawat baterai laptop.

3. Hindari Menggunakan Laptop di Atas Kasur

Selain menggunakan laptop untuk bermain game terlalu lama. Kebiasaan buruk yang juga sering dilakukan yaitu menggunakan laptop di atas kasur. Tidak bisa dipungkiri, bagi sebagian orang. Menggunakan laptop di atas kasur merupakan hal yang paling nyaman dan menyenangkan.

Padahal tanpa disadari, dibalik kenyamanan tersebut. perangkat laptop Anda terancam. Hal itu dikarenakan kasur akan menyumbat panas laptop. Sehingga panas tersebut tidak bisa keluar dengan sempurna. Dan menyebabkan laptop mengalami overheat.

4. Hindari Menaruh Barang Berat di Atas Laptop Anda

Tidak menaruh barang berat di atas laptop merupakan salah satu cara merawat laptop dengan benar. Kebanyakan point keempat ini telah banyak diketahui dan jarang dilakukan pengguna laptop. Itulah mengapa banyak pengguna masih sembarangan menumpuk barang berat di atas laptop. Hal tersebut bisa menimbulkan kerusakan pada layar laptop. Dan komponen – komponen lainnya dibagian dalam.

5. Sebisa Mungkin, Bersihkan Laptop Secara Rutin

Cara merawat laptop dengan benar selanjutnya yaitu membersihkan laptop secara rutin. Pembersihan ini bisa Anda mulai dengan membersihkan komponen seperti fan atau kipas pada laptop. Pembersihan komponen ini cukup penting, karena di sanalah debu dan juga kotoran berkumpul. Dengan membersihkannya secara rutin, maka kerusakan seperti tidak berfungsinya kipas tidak akan terjadi.

Lalu, apa saja komponen yang paling penting dibersihkan rutin?

Jika dibandingkan dengan komponen yang lain. Pembersihan kipas memang cukup sulit. Betapa tidak, untuk pembersihannya Anda harus membongkarnya terlebih dahulu. Oleh karena itulah, seringnya seseorang akan membawa laptop ke tempat service atau orang yang ahli untuk pembersihan ini. Selain kipas, komponen lain yang juga perlu Anda bersihkan yaitu, keyboard, monitor, serta komponen yang lainnya.

6. Jauhkan Makanan dan Minuman dari Laptop

Seringkali, sebagian orang memang suka bekerja dengan laptop sambil ngemil atau pun meminum segelas teh hangat atau cokelat panas. Jika berhati-hati, maka aktivitas sederhana bisa merusak laptop Anda. Misalkan saja minuman yang tumpah mengenai laptop dapat memicu konsleting arus listrik. Selain itu, remah – remah makanan yang masuk di sela keyboard selain mengganggu fungsi utamanya ketika mengetik bahkan mendatangkan semut.Itu sebabnya, menjauhkan makanan atau minuman dari laptop menjadi hal yang penting.

7. Perhatikan Suhu Laptop Anda

Saat terlalu sibuk mengoperasikan laptop, Sebagian orang akan lupa memperhatikan suhu pada laptopnya. Padahal sebenarnya memperhatikan suhu pada laptop merupakan sesuatu yang sangat penting. Agar laptop terhindar dari masalah seperti overheat. Permasalahan laptop menjadi panas ini sebenarnya bisa dimininalisir dengan penggunaan kipas laptop. Selain itu, perhatikan juga alas laptop yang Anda gunakan. Pastikan alat tersebut tidak menghambat sirkulasi laptop.

8. Bersihkan Optional Drive Laptop Secara Rutin

Bisa dibilang, membersihkan optional drive ini termasuk hal yang kurang diperhatikan oleh pengguna. Anda tidak hanya belajar bagaimana cara membersihkan laptop dari komponen luarnya saja. Namun pastikan juga Anda faham bagaimana cara merawat laptop dengan membersihkan perangkat bagian dalam.

Optical drive atau DVD ROM begitu rentan terkena dan menjadi sarang debu. Jika hal tersebut terjadi, tentu proses pembacaan data dari CD atau DVD akan terganggu. Oleh karena, Anda perlu membersihkan optical drive laptop secara rutin. Selain itu, jangan lupa untuk tetap berhati – hati ketika memasukan CD atau DVD pada optical drive. Hal ini karena lensa optik pada optical drive begitu rentan.

9. Pilihlah Sistem Operasi yang Cocok Pada Laptop

Banyak yang akhirnya memutuskan untuk mengganti laptop karena kinerja laptop yang semakin hari semakin lamban. Masalah ini sendiri bisa terjadi karena beberapa hal. Bisa karena usia hardware yang sudah lama. Atau bisa juga disebabkan karena Anda menggunakan sistem operasi yang kurang tepat pada laptop Anda. Memilih sistem operasi yang cocok memang dapat mempercepat kinerja laptop meskipun tidak sepenuhnya.

Adakah tips memilih SO yang tepat untuk laptop Anda?

SO atau sistem operasi laptop sangat beragam dan terus diperbarui. Meskipun begitu, Anda tidak harus menggunakan versi terbaru. Tetap sesuaikan dengan kebutuhan dan tentunya kapasitas laptop Anda. Misalnya, jika laptop yang Anda gunakan memiliki RAM sebesar 512 MB. Maka jangan sekali-kali menggunakan Windows 7 atau Windows 8 sebagai sistem operasi. Jika memang laptop Anda memiliki spesifikasi yang rendah dan cenderung pas-pasan. Windows XP yang lebih ringan bisa Anda pilih. Atau jika khawatir dengan keamanan Windows tersebut. Anda bisa menggunakan distro linux yang mirip dengan Windows XP.

10. Lakukan Update Software dan Sistem Operasi Laptop

Selalu melakukan update software sebenarnya bisa dilakukan secara otomatis. Anda bisa mengaturnya supaya setiap kali ada pembaruan, secara otomatis laptop akan menginstallnya. Fungsi dari pembaruan ini biasanya untuk menyempurnakan program sudah diluncurkan sebelumnya.

Namun beberapa pengguna Windows biasa justru mematikan mode pembaruan otomatis ini. Salah satu alasannya yakni lamanya proses install ketika akan menghidupkan atau mematikan laptop. Hal ini tentu disebabkan oleh banyak faktor, misalkan originalitas sistem operasi hingga spek laptop itu sendiri. Namun yang dianjurkan, sebaiknya tetap perbarui software maupun sistem operasi laptop. Ini memudahkan Anda mendapatkan kualitas terbaik dari tiap fase pengembangan. Dalam dunia teknologi, segalanya selalu diperbarui. Rugi rasanya jika Anda mengabaikannya, bukan?
Buka Komentar