Ini Dia Cara Mengubah Laptop Biasa Jadi Laptop Gaming Dengan Mudah

Ini Dia Cara Mengubah Laptop Biasa Jadi Laptop Gaming Dengan Mudah

Cara Mengubah Laptop Biasa Jadi Laptop Gaming
Laptop merupakan salah satu perangkat elektronik yang kini banyak diandalkan untuk membantu mempermudah melakukan suatu pekerjaan. Dengan menggunakan laptop, Anda bisa mengerjakan berbagai tugas sekolah, bisa menggunakan beragam aplikasi atau software produktif yang menarik, bisa menjalankan beragam program simulasi Android sampai iOS, bahkan bisa juga digunakan untuk bermain bermacam-macam game.

Namun, tidak semua laptop bisa digunakan untuk bermain game. Tidak semua laptop memiliki spesifikasi yang mendukung untuk bermain game, sehingga game tidak bisa dimainkan. Mayoritas laptop yang digunakan khusus untuk bermain game atau yang biasa disebut dengan laptop gaming pun mempunyai harga yang cukup mahal.
Hal tersebut jugalah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang enggan membeli laptop gaming. Nah sekarang bagi Anda yang hanya memiliki laptop biasa, tapi ingin menikmati bermain game, sebenarnya ada banyak cara mengubah laptop biasa jadi laptop gaming yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Berikut uraiannya.

Beberapa Cara Mengubah Laptop Biasa Jadi Laptop Gaming

Sebelum mengetahui beberapa cara mengubah laptop biasa jadi laptop gaming, apakah Anda sudah mengetahui apakah perbedaan antara laptop biasa dengan laptop gaming? Jadi, perbedaan antara laptop biasa dengan laptop gaming adalah terletak pada GPU (Graphic Processor Unit).

Biasanya laptop biasa atau laptop kerja memiliki CPU (Central Processing Unit) yang tinggi. CPU yang tinggi ini digunakan untuk mendukung melakukan banyak pekerjaan atau dengan istilah lain multitasking yang tinggi juga namun tidak terlalu memperhatikan aspek grafis. Hal ini yang berdampak pada saat Anda bermain game menjadi tidak terlalu memuaskan.

Untuk mengubah laptop biasa jadi laptop gaming, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Beberapa diantaranya akan dijelaskan sebagai berikut. Pada pembahasan berikut akan dijelaskan 3 cara mengubah laptop biasa jadi laptop gaming.

Cara pertama akan mengubah kinerja laptop naik 5-10% untuk bermain game. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
  1. Nyalakan laptop.
  2. Setelah laptop Anda nyala, klik bagian icon Start yang terletak pada bagian kiri bawah tampilan laptop. Jika sudah, lihatlah tulisan Computer atau My Computer yang ada, kemudian klik kanan pilihlah Propertise.
  3. Setelah Anda memilih dan mengklik Properties, langkah selanjutnya adalah klik Advanced System Settings. Jika Anda menggunakan Windows 10 dan tidak mengetahui bagaimana cara membuka Advanced System Settings, maka yang Anda perlukan hanyalah menekan Windows + R pada keyboard Anda kemudian ketikkan tulisan sysdm.cpl lalu enter.
  4. Setelah itu, pilihlah Custom kemudian centang tulisan Use Visual Styles on Windows and Buttons lalu klik OK.
  5. Langkah selanjutnya adalah klik Settings pada bagian daftar yang teratas ialah performance.
  6. Jika sudah, klik pilihan Advanced, setelah itu klik Change.
  7. Kemudian, langkah berikutnya adalah hilangkan centang Automatically Manage Paging File Size for All Drivers yang terletak pada pilihan bagian atas sendiri. Centang pilihan Custom size. Jika Anda sudah mencentang pilihan Custom size, maka akan muncul tulisan Intial size (MB) 4.000 dan Maximum size (MB) 6.000. Lalu Anda tinggal mengklik Set, kemudian OK.
  8. Jika sudah selesai, klik Control Panel yang ada pada bagian menu ikon Start.
  9. Pilih dan klik tulisan User Acounts and Family Safety.
  10. Kemudian klik User Accounts yang terletak di bagian pilihan atas sendiri.
  11. Setelah memilih User Accounts, selanjutnya adalah klik Change User Account Control settings yang ada pada bagian pilihan terbawah.
  12. Tekanlah dan geser kotak kecil ke tulisan Never Notify, lalu pilihlah OK. 
  13. Langkah selanjutnya adalah menekan Windows + R pada keyboard Anda, kemudian ketiklah tulisan msconfig, lalu klik OK. 
  14. Setelah itu, klik Boot, kemudian klik Advanced options... 
  15. Jika Anda sudah mengklik Advanced options... akan muncul tulisan Number of Processor dan Maximmum Memory. Centanglah pada bagian Number of Processor, kemudian ganti menjadi angka 2 atau angka yang paling besar. Centanglah juga pada bagian Maximmum Memory, kemudian ganti menjadi angka yang paling besar, lalu klik OK. 
  16. Masih di tempat yang sama, pilihlah Services, kemudian hilangkanlah centang pada tulisan Windows Event Log dan Workstation, lalu klik OK. 
  17. Dengan tempat yang tidak berbeda, pilihlah tulisan Startup, kemudian hilangkan centang pada System yang tidak dibutuhkan, lalu klik OK. 
  18. Jika sudah, akan muncul tampilan System Configuratios, klik pilihan Exit Without Restart. 
  19. Langkah berikutnya adalah tekan Windows + R yang ada pada keyboard, kemudian tulislah temp, lalu tekan OK. 
  20. Setelah itu, hapus atau delete semua file yang ada, kemudian tekan OK. Jika ada error, centanglah tulisan Do this for all currents item, kemudian klik tulisan Skip. 
  21. Untuk langkah selanjutnya adalah tekan Windows + R lagi yang ada pada keyboard Anda, kemudian klik OK. 
  22. Hapus semua file yang ada kemudian klik OK. Jika ada error, centanglah tulisan Do this for all currents item, kemudian klik tulisan Skip. 
  23. Setelah selesai, bersihkanlah Recyle Bin. 
  24. Kemudian klik icon Start, lalu klik Computer atau My Computer. 
  25. Jika sudah klik Organize, kemudian klik pilihan Folder and Search Options. Bagi laptop atau komputer yang tidak ada Organizenya, maka Anda klik saja tulisan View yang ada pada bagian atas. 
  26. Lalu, klik View dan hilangkan centang yang ada pada Display File Icon on Thumbnails, kemudian klik OK. 
  27. Pada My Computer, klik kanan pada pilihan Local Disk (C:), kemudian klik Propertise. 
  28. Pada pilihan tab General, klik Disk Cleanup, lalu tunggu. 
  29. Jika proses sudah selesai, klik OK. 
  30. Kemudian klik Delete Files, lalu tekan OK. 
  31. Sekarang kinerja laptop Anda naik naik 5-10% dan bisa digunakan untuk bermain game. 

Berikutnya adalah cara mengubah laptop biasa jadi laptop gaming kedua, Anda bisa menggunakan perangkat tambahan untuk menaikkan tampilan grafis dari laptop agar laptop bisa digunakan untuk bermain game dengan nyaman. Salah satu perangkat yang bisa Anda gunakan yaitu Wolfepack yang berasal dari Cambridge. Perangkat ini bisa membantu Anda untuk mengubah laptop biasa yang Anda miliki menjadi laptop gaming. Perangkat ini berbentuk kotak yang berisi GPU portable khusus yang akan menaikkan tampilan grafis pada laptop jenis apapun yang Anda gunakan.

Ada lagi cara mengubah laptop biasa jadi laptop gaming ketiga yang bisa Anda coba lakukan, yaitu menggunakan berbagai software yang bisa meningkatkan performa laptop agar mampu digunakan untuk bermain game. Software tersebut seperti Intel Display Adapter yang khusus digunakan oleh para pengguna intel, 3D Analyzer, Intel Modifikasi, Game Booster dan lain sebagainya.

Di atas merupakan beberapa cara mengubah laptop biasa jadi laptop gaming yang bisa coba Anda terapkan. Jadi, sekarang Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin bemain game sedangkan laptop Anda bukan laptop gaming atau laptop biasa. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk Anda dan bisa Anda jadikan referensi ketika ingin mengubah laptop biasa menjadi laptop gaming.
Buka Komentar