Cara Menginstall Windows 8 dengan Langkah Paling Mudah

Cara Menginstall Windows 8 dengan Langkah Paling Mudah

Cara Menginstall Windows 8
Bagi Anda yang telah memiliki laptop namun program asli pada laptop Anda adalah windows xp, tentu Anda merasa sudah ketinggalan zaman. Sekarang ini program windows 8 adalah idola banyak orang. Bukan rahasia lagi jika semakin banyak orang yang berminat untuk menginstall windows 8, begitu pun juga dengan laptop Anda jika masih menggunakan windows xp. Inilah beberapa cara menginstall windows 8.

Seringkali orang salah mengartikan bahwa laptop lama tidak dapat di upgrade ke sistem operasi windows 8. Akhirnya banyak juga yang berfikir untuk mengganti laptop yang masih baik-baik saja. Padahal sebenarnya, Anda bisa saja menginstall system operasi windows 8 pada laptop lama Anda. Dan tentunya, Anda tidak perlu mengeluarkan uang seharga laptop baru.

Beberapa Cara Menginstall Windows 8

Ada beberapa langkah dalam cara menginstall windows 8. Beberapa cara di bawah ini akan digolongkan berdasarkan tahapan awal, pengaturan dan tahapan akhir penginstallan agar lebih memudahkan Anda untuk menyimak beberapa langkah menginstall windows 8.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya cara menginstall windows baik untuk windows 8 maupun 10 memiliki banyak kesamaan walaupun memang ada satu atau dua hal yang sedikit membedakannya namun tidak signifikan perbdaannya.

Untuk mengetahui bagaimana cara menginstall windows 8, beberapa langkahnya adalah sebagai berikut:

Persiapan Install

1. Sebagai langkah memulai instalasi, Anda dapat memulai dengan menekan sembarang tombol agar PC atau laptop booting dari CD/ DVD. Anda juga perlu memastikan untuk tidak menekan tombol apapun jika muncul jendela baru di tengah-tengah proses instalasi, karena hal tersebut dapat menggangu proses yang sudah berjalan dan Anda akan mengulang lagi proses instalasi dari awal.

2. Lalu pastikan untuk memilih Indonesian (Indonesia) pada Time and currency format agar lebih memudahkan Anda dalam membantu kegiatan sehari-hari menggunakan laptop atau computer tersebut. Untuk yang lainnya biarkan saja default, tidak usah diubah. Kemudian Anda dapat memilih menu Next.

3. Kemudian, setelah muncul tampilan baru, Anda dapat memilih Install now

4. Langkah berikutnya adalah memasukkan product key windows 8 nya, yang biasanya memang sudah ada pada satu paket bersama dengan DVD nya. Lanjutkan dengan memilih Next.

5. kemudian pastikan Anda sudah mencentang I accept the licence terms, kemudian pilih Next agar dapat melanjutkan ke tahapan selanjutnya

Langkah Pengaturan

1. Untuk langkah pertama pada tahap pengaturan ini, Anda harus memulai dengan memilih Custom: Install Windows only (advanced).

2. Jika Anda yang ingin melakukan install ulang, di mana kondisi laptop atau computer Anda sudah pernah diinstall dengan sistem operasi windows sebelumnya dan ingin agar data pada partisi lain tidak hilang, cukup melakukan delete Drive 0 Partition 2 (partisi C:) dan Drive 0 Partition 1 : System Reserved, lalu Anda harus membuat partisi baru lagi.

3. Kemudian lanjutkan dengan memilih Drive 0 Partition 2 sebagai lokasi instalasinya, kemudian pilih Next.

4. Sebagai Catatan untuk diingat : Bagi Anda yang ingin melakukan install ulang windows 8, lewati langkah 2 hingga nomor 8 di bawah ini dan bagi Anda yang laptop atau komputernya belum pernah sama sekali diinstall sistem operasi, atau yang HDDnya masih kosong, Anda dapat melewati penjelasan pada langkah nomor 2 saja.

5. Langkah yang perlu Anda lakukan jika memang HDD Anda masih kosong yaitu mempartisi HDD Anda menjadi beberapa partisi, hal ini dapat Anda lakukan sesuai dengan keinginan Anda, bisa 2,3 atau jumlah lebih partisi

6. Jika ingin membuat partisi baru, silakan Anda mulai dengan memilih Drive options (advanced) > New, kemudian Anda harus menentukan berapa ukuran partisi tersebut sesuai selera, lanjutkan dengan mengklik Apply. Jika HDD Anda berukuran 320/ 500 GB, lebih baik beri ukuran 100GB karena partisi berikut ini merupakan partisi system (partisi C:).

7. Selanjutnya Anda dapat memilih OK agar Anda bisa melakukan pembuatan system reserved partition.

8. Kemudian Anda bisa membuat partisi baru lagi sesuai dengan keinginan Anda. Sedangkan untuk langkah-langkahnya dapat Anda lakukan sama persis seperti dengan langkah nomor 4 yaitu pilih Disk 0 Unallocated Space > New, lalu yang haurs Anda lakukan selanjutnya adalah menentukan ukuran partisi tersebut, lenjutkan dengan memilih Apply.

9. Pada langkah ini, Anda dapat memilih Drive 0 Partition 2 (partisi C:) sebagai lokasi instalasi windows 8 nya, kemudian pastikan Anda memilih menu Next untuk dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

10. Ini merupakan step yang nantinya akan memakan waktu agak lama dibanding pada langkah lainnya, sehingga Anda harus sedikit bersabar dalam prosesnya karena pada step ini membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit dan laptop atau komputer Anda akan melakukan restart beberapa kali selama proses berjalan. Jadi Anda tidak perlu merasa khawatir karena hal tersebut merupakan sebagian kecil dari tahapan instalasi windows 8 pada laptop Anda.

11. Pada langkah ini saatnya Anda untuk memberi nama pada PC Anda, kemudian pilih menu Next. Inilah tahap yang paling menyenangkan dibanding dengan langkah penginstallan lainnya. Di tahap ini Anda dapat mengatur tampilan computer atau laptop Anda sesuai dengan selera, Anda bisa menentukan sendiri warna tema sesuai selera Anda.

12. Kemudian, langkah berikutnya pastikan Anda memilih Use express setting, kemudian and dapat masuk ke langkah setelah itu dengan cara mengklik Create a local account.

13. Masukkan nama pengguna beserta dengan passwordnya jika diperlukan.

14. Sebenarnya, pada tahap di atas ini, tanpa password pun tidak masalah, tapi jika Anda ingin agar tidak ssemua orang bisa mendapatkan akses pada laptop atau komputer Anda, tentunya akan sangat disarankan untuk memberinya password. Tentunya hal ini juga dapat memberikan dampak positif bagi Anda karena darri segi keamanan akan jauh lebih terjaga dari jangkauan tangan yang tidak dipercaya.

15. Jika Anda melihat terdapat kolom Password hint, Anda dapat mengisikan dengan kata atau kalimat yang memudahkan Anda dalam mengingat password yang telah Anda buat sebelumnya. Selanjutnya sebagai langkah terakhir dalma tahap pengatura ini, pastikan untuk memilih Finish.

Langkah Akhir

Pada langkah akhir ini, Anda tidak perlu mengerjakan banyak hal, Anda hanya perlu menunggu dan melihat tampilan windows 8 hasil dari instalasi yang telah Anda lakukan tadi. Laptop Anda sudah memiliki system operasi windows 8 tentunya hal tersebut membuat laptop Anda lebih mudah digunakan.

1. Anda harus menunggu beberapa menit, setelah itu Anda akan melihat tampilan desktop Anda.

2. Setelah muncul tampilan tersebut, maka itu artinya proses menginstall windows 8 di laptop Anda sudah berhasil

3. setelah berhasil menginstall sistem operasi windows 8 Anda tentu masih harus melakukan beberap hal seperti menginstall software yang Anda perlukan atau menamai ruang-ruang file dalam laptop Anda.

Nah, itulah langkah paling mudah menginstall Windows 8 di laptop maupun komputer. Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam menginstall Windows 8.
Buka Komentar