3 Cara Menginstall Driver Laptop, No Ribet!

3 Cara Menginstall Driver Laptop, No Ribet!

Cara Menginstall Driver Laptop
Driver merupakan sebuah sistem dalam laptop. Fungsinya sangat vital, yakni mendukung kerja hardware dan software. Kalau tidak ada driver sistem pada laptop tidak bisa digunakan. Sebenarnya ada banyak sekali cara menginstall driver laptop ini. tapi kali ini, kita akan membahas 3 cara menginstall driver laptop.

Sebelum kita bahas tentang cara menginstallnya, ada baiknya pelajari dulu, apa sih itu driver pada laptop? Driver juga disebut sebagai media penerjemah. Kerjanya sebagai media penerjemah antara perangkat yang satu dengan lainnya (antara hardware dengan sistem operasi atau aplikasi). Contoh mudahnya, kita sedang mengetik di MS Excel yang ada di laptop. Kemudian hasil ketikan tersebut ingin kita cetak dengan printer. Supaya hasil cetakan printer sesuai dengan apa yang kita ketik di MS Excel, perlu driver sebagai medianya. Jadi kita harus menginstall driver printer.
Memang tidak semua aplikasi atau perangkat laptop harus kita install drivernya secara manual. Ada juga yang sudah bawaan dari laptopnya, jadi penginstallan driver sudah otomatis. Misalnya saja mouse dan keyboard. Sedangkan untuk beberapa perangkat atau aplikasi lainnya seperti printer, fingerprint, scanner, dan webcam harus diinstall secara manual.

Memang tidak mudah untuk menginstall driver ini. Kita harus menyesuaikan driver dengan seri, merek, maupun tipe laptopnya agar bisa sinkron. Tidak heran banyak pengguna laptop, baik pemula maupun tidak, memilih menyerahkan tugas penginstallan driver ini pada jasa (ahlinya). Padahal, jika dipelajari tidak susah kok.

Driver sendiri biasanya disertakan dalam paket pembelian perangkat keras tersebut. Berupa kepingan CD atau DVD. Bila tidak ada, kita bisa mendownloadnya di website resminya. Rental CD atau DVD biasanya juga menyewakan driver ini, terutama untuk aplikasi terbaru.

Tapi sangat disarankan untuk memilih software yang original ya. Pasalnya barang original kan lebih aman, baik dipenggunaan maupun legal pemakaiannya.

Sebenarnya ada banyak cara menginstall driver ini. Ada yang mudah, namun ada juga yang sedikit rumit. Nah, berikut ini rangkuman 3 cara menginstall driver laptop.

Instal Driver Menggunakan CD Driver

Cara pertama untuk menginstall driver laptop adalah menggunakan CD Driver. CD driver bisa kita peroleh dari menyewa atau menggunakan CD bawaan saat membeli perangkat laptop. Berikut cara menginstall menggunakan CD driver.
  1. Siapkan CD yang isinya driver laptop. Masukkan di laptop (pada CD room, biasanya berada dibagian samping atau depan). Tunggu hingga laptop merespon. 
  2. Selanjutnya klik kanan Start. Cari menu Windows explore atau file explorer. Jika CD driver sudah direspon oleh laptop, maka akan muncul disk baru (new disk). 
  3. Klik kanan pada menu Computer. Setelah itu pilih menu properties. 
  4. Cari tulisan Device Manager, kemudian klik kiri. Tunggu sebentar sampai kita dibawa ke halaman Device Manager. 
  5. Selanjutnya, cari menu yang akan diinstall, lalu klik kanan. Nah kemudian kita bisa pilih menu bertuliskan Update Driver Software, 
  6. Setelah meng-klik, kita akan dibawa pada pilihan Can Windows Connect to Windows Update to Search for Software? Pilih atau klik pada bulatan kecil di samping tulisan No, Not This Time. Setelah itu, klik kotak di bagian bawah bertuliskan Next, 
  7. Kita akan dibawa ke perintah selanjutnya, yakni If Your Hardware, Came With an Installation CD or Floppy Disk, Insert it Now. Jika halaman itu muncul, pilih atau klik Install from a List or Specific Location (advanced). Lalu klik kotak Next, pada bagian bawah, 
  8. Kita akan dibawa pada halaman Please Choose Your Search and Installation Options. Pada halaman ini kita harus mencentang tulisan seperti ini:  Search Removable Media (Floppy, CD-rom…), Include This Location in The Search. Lalu klik Next, pada bagian bawahnya. 
  9. Kemudian cari dan klik menu Browse. Ini untuk mencari tahu letak driver CD-rom, kemudian klik Next atau Ok 
  10. Tinggal ditunggu deh prosesnya sampai selesai. Saat selesai, akan muncul perintah untuk melakukan restart laptop. Lakukan saja perintah tersebut, supaya kita bisa melihat hasil dari penginstalan driver tadi

Driver Pack Solution

Cara kedua, dari 3 cara menginstall driver laptop yang menurut penulis paling praktis adalah dengan Driver Pack Solution. Untuk cara kedua ini, kita harus mendownload software Driver pack solution dulu. Bentuk software ini masih ISO. Jadi kita harus merubahnya ke bentuk Rom.

Caranya, kita bisa gunakan daemon tools. Proses pengubahan ini memakan waktu yang agak lama. Pasalnya software harus men-scan driver pada laptop. Namun, jika sudah selesai langkah yang harus dilakukan lebih praktis.

Hal ini karena kita tinggal klik Instal Automatically. Setelah itu tinggal tunggu proses selesai. Saat selesai prosesnya, akan keluar tulisan The Driver Has Been Installed. Kemudian kita tinggal restart laptop dan coba lihat hasil penginstalan yang dilakukan.

Instal Secara On Line

Terakhir dari 3 cara menginstall driver laptop adalah melakukan secara online. Jadi pastikan laptop kita terhubung ke internet. Cara ini lebih disarankan karena kita akan diarahkan pada versi terbaru. Berikut cara penginstalannya.
  1. Klik start, kemudian cari menu Device Manager. Jika ingin lebih praktis, kita bisa mencarinya pada menu pencarian. Tinggal ketik Device Manager. 
  2. Klik Device Manager. Tunggu beberapa saat sampai laptop selesai menyiapkan menu Device Manager. 
  3. Kita akan disuguhi banyak sekali menu. 
  4. Langkah selanjutnya, kita cari driver apa yang ingin diinstal, lalu arahkan kursor, lalu klik kanan. 
  5. Setelah itu akan ada jendela pilihan menu yang muncul. Klik update driver software. 
  6. Selanjutnya, kita akan diberi pilihan akan menginstal online atau offline. Pilih yang online. 
  7. Berikutnya kita akan kembali diberi pilihan, klik yang bertuliskan Search Automatically for Updated Driver Software. 
  8. Tunggu hingga proses berhasil 100%. 

Sebelum Menginstal, Perhatikan Hal Berikut Ini!

Setelah menyimak 3 cara menginstall driver laptop, sekarang saatnyamengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menginstal. Hal ini supaya kita tidak kerepotan sendiri nanti saat melakukan penginstalan. Yuk simak hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan penginstalan.

1. Sesuaikan dengan Merek dan Serial Number

Sesuaikan driver yang akan digunakan dengan merek dan serial number laptop kita. Cara mengetahui merek dan serial number laptop adalah dengan klik start. Kemudian pada mesin pencarian ketika “dxdiag” kemudian enter. Akan muncul keterangan tentang laptop kita di sana.

2. Backup Data

Jika kita akan melakukan install ulang driver, hal paling penting yang harus dilakukan adalah mem-backup data. Pasalnya saat menginstal ulang driver data juga akan ikut terhapus.

3. Butuh Media

Saat menginstal driver kita butuh media. Apa saja medianya, bisa berupa flashdisk ataupun harddisk.

Nah itu dia 3 cara menginstall driver laptop dan hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan penginstalan. Sebenarnya ada banyak sekali cara menginstal driver. Anda bisa memilih cara yang lebih praktis. Pokoknya jangan ragu untuk mencobanya.
Buka Komentar