Cara Menghapus Virus dengan CMD Sampai Tuntas

Cara Menghapus Virus dengan CMD Sampai Tuntas

Cara Menghapus Virus dengan CMD
Keberadaan virus dalam sebuah komputer adalah hal yang lazim terjadi, apalagi untuk komputer yang sering digunakan sebagai sarana pemindahan file menggunakan perangkat flashdisk tentu akan sangat riskan tertular virus yang membahayakan system operasi komputer. Akibatnya, komputer tersebut akan langsung terkena virus shortcut, sehingga mengetahui cara menghapus virus cmd adalah hal yang penting.

Proses membersihkan perangkat Anda dengan menggunakan cara ini termasuk sebagai cara membasmi virus yang efektif dan efisien karena tidak membutuhkan waktu yang lama, selain itu Anda dapat melakukannya sendiri di rumah tanpa bantuan teknisi computer dan laptop yang professional dan tidak harus menghabiskan biaya lebih.
Apa itu CMD? CMD adalah singkatan dari Command Prompt. Ini adalah baris perintah penerjemah yang disediakan dari Microsoft pada OS/2. Salah satu kegunaan CMD yang paling terkenal adalah membantu para pemilik komputer agar dapat melindungi perangkatnya dari penyebaran virus yang banyak terjadi lewat flashdisk yang dilepas pasang.

Pentingnya proses pembersihan komputer Anda dari virus, tentu menjadikan informasi mengenai CMD ini penting untuk Anda ketahui sehingga nantinya Anda bisa mengantisipasi kemungkinan terburuk yang dapat terjadi kepada komputer atau perangkat lainnya milik Anda.

Cara Menghapus Virus dengan CMD yang Pertama

Cara ini disebut sebagai cara yang pertama karena penggunaan CMD dalam menuntaskan virus yang ada di perangkat komputer memiliki dua langkah yang berbeda. Untuk cara pertama langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan memunculkan program Command Prompt (CMD) terlebih dahulu pada komputer Anda. Anda hanya perlu menekan tombol Windows +R yang tersedia pada keyboard. 
  2. Memunculkan program ini juga dapat ditempuh dengan cara lain yaitu mengklik menu start yang tersedia di tampilan desktop kemudian mengetikkan CMD pada kolom “search program and files”. Maka program CMD akan langsung muncul di layar anda sehingga dapat langsung Anda gunakan dengan cara di klik. 
  3. Selanjutnya setelah program Command Prompt (CMD) berhasil dibuka, ketikan CD/ dan langsung tekan enter. 
  4. Kemudian Anda harus memasukkan nama drive yang akan Anda cek menggunakan CMD lalu hanya perlu menekan tombol enter pada keyboard. 
  5. Langkah kelima adalah mengetik attrib dan tekan enter sekali lagi. 
  6. Untuk langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mengecek model file-file yang muncul dan Anda harus memperhatikannya satu per satu, jika Anda menemukan nama file yang aneh atau mencurigakan, maka langsung saja menghapusnya dengan mengetik DEL pada lokasi virus yang terdeteksi di komputer Anda. 

Cara Menghapus Virus dengan CMD yang Kedua

Cara kedua yang dapat Anda tempuh jika pada cara pertama Anda belum berhasil menghilangkan virus pada perangkat milik Anda:
  1. Seperti pada cara pertama, untuk cara kedua ini, pada langkah pertama masih sama yaitu dengan munculkan program Command Prompt (CMD). Anda cukup menekan tombol Windows + R atau bisa juga dengan cara lain yaitu mengklik menu Start yang terdapat di desktop lalu Anda ketik cmd pada kolom search. 
  2. Setelah program sudah muncul di monitor, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu dengan memperhatikan kolom state terlebih dahulu. Jika yang Anda lihat adalah tulisan listening, itu artinya komputer Anda dalam kondisi normal dan aman. Sedangkan jika tulisan yang Anda amati adalah estabilished maka ada kemungkinan bahwa komputer telah terjangkit oleh virus. 
  3. Selanjutnya Anda harus mengatasi virus tersebut dengan menggunakan Task Manager lalu klik tab service. 
  4. Anda perlu membuka aplikasi Task Manager untuk mencocokkan PID di CMD yang bermasalah dengan PID yang terdapat di aplikasi tersebut. 
  5. Yang perlu Anda lakukan hanya klik kanan dan klik Stop Service dengan begitu Anda telah menyelesaikan cara menghapus virus dengan CMD ini. 

Sebetulnya menggunakan software CMD ini memang terdapat banyak versi, selain mencoba dengan dua cara di atas, Anda dapat pula melakukan pembersihan virus dengan 11 cara menghapus virus dengan CMD. Meskipun langkah pengerjaannya agak berbeda, namun Anda tetap akan memperoleh hasil yang sama yaitu laptop atau computer Anda bersih dari virus.

11 Langkah Pembersihan Virus

1. Pertama tentu Anda perlu mebuka program CMD dengan klik tombol Windows + R yang tersedia di Keyboard laptop Anda, atau lakukan dengan cara lain yaitu mengklik menu Start, kemudian pilih Run. Pada kotak isian search ketik cmd, lalu klik enter.

2. Setelah program CMD terbuka, kemudian Anda harus mengembalikan path ke root drive. Caranya mengetik sintak CD/ (penggunaan slash dan backslash sama saja), kemudian tekan Enter;

3. Setelah path CMD telah berada dalam posisi root drive misalnya C:\>, Anda perlu melanjutkan dengan mengetikkan drive letter dari drive yang hendak Anda cek, misalnya D:, atau E:, atau G: (jika Anda ingin membersihkan drive flash disk);

4. Lalu pada langkah keempat Anda harus mengetikkan command Attrib kemudian tekan Enter pada keyboard laptop;

5. Pada tahap ini Anda akan melihat di layar muncul daftar dari File-file yang tersedia di drive lengkap dengan atributnya yang letaknya ada persis di bagian kiri Window Command Prompt (a : untuk archive, h : untuk file hidden atau tersembunyi, s: untuk file sistem windows);

6. Kemudian Anda harus mengetikkan perintah berikut : dir/a:hs agar dapat menampilkan file dengan atribut hidden. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat mengecek keberadaan file virus;

7. Anda harus melanjutkan langkah berikutnya dengan melihat daftar file atau folder yang muncul, cek untuk file dengan nama autorun.inf, jika muncul file tersebut, hapus atribut file dengan menggunakan perintah yaitu : attrib –h –s autorun.inf, selanjutnya adalah tahap penghapusan file tersebut menggunakan perintah del autorun.inf.

8. Kemudian Anda perlu melakukan kembali point ke 6 yang tertera di atas, menggunakan perintah dir /a:hs, kemudian perhatikan daftar file yang muncul bertuliskan keterangan HS (Hidden System),

9. Selanjutnya adalah proses penghapusan virus yang akan dilakukan menggunakan perintah del *.lnk kemudian del *.exe.

10. Jika Anda sudah yakin semua file berekstensi .lnk dan .exe telah benar-benar dihapus, saatnya menampilkan file dan folder yang disembunyikan oleh virus dalam computer yaitu dengan cara menghapus atribut HS dari file yang ada saat ditampilkan menggunakan perintah dir HS.

Hal ini dapat Anda lakukan dengan cara mengetik dir /a:hs, untuk nama file yang muncul, hapus atribut dengan cara ketik attrib -h -s nama file, proses ini harus Anda lakukan kepada semua nama file yang muncul ketika Anda mengetikkan perintah dir di atas sampai selesai.

11. Jika sudah, lakukan perintah attrib -h -s /S /D, dan pastikan Anda menunggu sampai semua prosesnya telah selesai. Ini merupakan perintah terakhir yang berfungsi untuk menghapus atribut H dan S untuk semua folder dan subfolder yang terdapat pada flash drive Anda. Proses ini memang lebih lama, waktunya tergantung pada isi drive serta banyaknya kapasitas folder yang pada flash drive tersebut.

Itulah cara menghapus virus dengan CMD. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu Anda menghapus virus di laptop atau komputer.
Buka Komentar