Cara Menggunakan VPN untuk Pengguna Smartphone dan PC

Cara Menggunakan VPN untuk Pengguna Smartphone dan PC

Cara Menggunakan VPN
Penggunaan VPN atau Virtual Private Network baik di komputer maupun di smartphone, kian hari kian marak. Jangan berpikir negatif dahulu, VPN tidak hanya digunakan untuk membuat Anda “tidak terlacak” ketika men-download torrent, tetapi digunakan juga untuk mengamankan beragam aktivitas di dunia maya. Cara menggunakan VPN relatif mudah dan bergantung dengan jenis VPN yang Anda gunakan, gratis atau berbayar.

VPN membuat Anda terkoneksi dengan jaringan privat yang tidak sembarang orang dapat mengaksesnya. Jika Anda tidak menggunakan VPN, maka Anda terhubung dengan jaringan dimana banyak orang bisa “mengintip”, menelusuri apa yang Anda lakukan, dan banyak potensi kejahatan siber yang mungkin saja Anda menjadi korbannya. Bagi pengguna awam, VPN bahkan belum banyak diketahui.
Banyak yang tidak menyadari bahwa sebenarnya, Anda amat mudah dilacak oleh orang lain. Disitulah VPN memberikan manfaat yang besar untuk kenyamanan dan keamanan Anda berinternet. Dirangkum dari Cactus VPN, berikut adalah 4 manfaat VPN yang perlu Anda ketahui.

1. Menjamin Privasi Anda

Anda tentu tidak senang jika ada orang yang menelusuri jejak digital Anda. Dengan menggunakan VPN, privasi Anda menjadi amat terlindungi. Anda dapat dengan bebas menelusuri apapun di dunia maya tanpa harus takut sedang diawasi atau dibuntuti. Selain mereka denganniat jahat, Anda juga perlu melindungi data pribadi Anda dari perusahaan-perusahaan yang kerap mengambil data pribadi Anda untuk tujuan bisnis atau promosi.

2. Mengakses Konten yang Tidak Bisa Diakses

Anda seorang penonton film online (melalui internet/streaming), namun tidak bisa mengakses konten karena alasan lokasi atau batasan negara? Jika ya, maka VPN merupakan solusi Anda untuk membuka akses pada konten yang tidak bisa diakses tersebut. Mengakses konten yang dibatasi dari layanan streaming film, serial televisi, dan animasi semacam Netflix, Hulu, dan Amazon adalah salah satunya.

3. Mengamankan Koneksi Internet Anda

Kita tidak tahu kapan para hacker dan orang-orang jahat datang, kemudian mencuri data-data privat Anda. Masih mending jika yang dicuri hanya data pribadi saja. Jika yang dicuri adalah data perbankan, kartu kredit, dan rahasia perusahaan, bagaimana jadinya. Karena VPN membuat Anda tidak terlacak, Anda akan terlindungi dari serangan siber yang mungkin terjadi, terlebih jika Anda menggunakan jaringan Wi-Fi publik yang keamanannya diragukan.

4. Membuat Download Lebih Aman

Tidak semua negara melegalkan online file sharing, terutama torrent. Dengan menggunakan VPN, Anda dapat men-download torrent dari negara yang melegalkan file sharing tersebut. Anda juga dapat men-download torrent tanpa harus khawatir dilacak keberadaannya. Terlepas kontroversi dan perdebatan yang masih menyelimuti dunia file sharing, siapapun termasuk Anda berhak menggunakannya selama hal tersebut tidak ilegal.

Cara Menggunakan VPN untuk Pengguna Android dan iOS

Untuk menggunakan VPN, Anda harus menginstal VPN client (semacam aplikasi atau software) terlebih dahulu. Terdapat 2 jenis VPN, gratis dan berbayar. Aplikasi atau program VPN tidak sulit ditemukan. Anda dapat mencarinya melalui Google untuk pengguna komputer/laptop. Sementara untuk pengguna smartphone Android dan iOS, Anda dapat men-downloadnya di Google Play Store dan Apple App Store.

Pada kesempatan kali ini, Kami akan memberikan informasi bagaimana menginstal dan cara menggunakan VPN gratis. Tutorial ini lebih diperuntukkan bagi pengguna VPN untuk jaringan pribadi (privat). Untuk pengguna pada jaringan kampus/kantor atau bahkan jaringan publik, karena alasan keamanan dan legalitas akses sebaiknya Anda bertanya kepada pihak yang berwenang (bagian IT) terlebih dahulu.

Hampir tidak ada perbedaan signifikan antara satu aplikasi VPN dengan aplikasi lain dalam hal penginstalan dan cara menggunakannya. Berdasarkan tutorial dari Gadgetren, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menginstal dan menggunakan VPN.
  1. Download aplikasi VPN di Google Play Store dan Apple App Store. Terdapat beberapa aplikasi gratis yang bisa Anda coba, diantaranya Betternet VPN. 
  2. Ikuti dan selesaikan prosedur instalasi. 
  3. Jika sudah terinstal, bukalah aplikasi tersebut dan set permissions. 
  4. Tekan tombol Connect. Aplikasi akan mulai mencari server dengan akses yang baik. 
  5. Jika proses sudah selesai, tombol Change Region akan muncul. Selain itu tanda kunci di bar notifikasi akan muncul juga. Hal tersebut menandakan bahwa VPN telah aktif. 
  6. Anda dapat memilih server lain melalui Change Region. Pilihlah server gratis dengan kualitas terbaik yang tersedia. Beberapa server mewajibkan Anda untuk menjadi member atau membayar sejumlah uang. 
  7. Jika VPN tidak lagi digunakan, Anda bisa menonaktifkannya dengan menekan Disconnect. 

Cara Menggunakan VPN Melalui Aplikasi Hola

Menggunakan VPN pada komputer atau PC Anda bukan hal yang sulit. Jika dibandingkan dengan smartphone, Anda akan lebih nyaman menggunakan VPN di layar komputer Anda. Untuk jasa VPN gratis, Anda dapat menggunakan Hola. Berdasarkan Wiki How, berikut adalah langkah-langkah menginstal dan cara menggunakan VPN melalui aplikasi VPN gratis bernama Hola.
  1. Kunjungi website resmi Hola (hola.org). Download aplikasi tersebut dan instal di komputer. 
  2. Setelah selesai diinstal, klik dan masuk ke program Hola. 
  3. Aktifkan Hola dan pilih negara yang akan menjadi tujuan eksplorasi. Negara-negara tersebut akan menjadi media untuk membuat IP Anda tidak terlacak. 
  4. Setelah negara dipilih, maka Anda seolah menjelajahi internet dan melakukan aktivitas di dalamnya dari negara tersebut. Dengan demikian, identitas Anda tidak terlihat. 
  5. Anda juga dapat menggunakan Hola untuk mengakses website yang diblokir di tempat Anda. 

VPN Gratis vs VPN Berbayar, Pilih yang Mana?

Setelah Anda mengetahui cara menggunakan VPN, Anda pasti bertanya-tanya dan penasaran mengenai apakah harus menggunakan VPN gratis atau berbayar. Perdebatan mengenai jenis VPN mana yang digunakan sebenarnya merupakan perdebatan yang jawabannya amat mudah. VPN berbayar mutlak memiliki beragam keunggulan dibandingkan dengan VPN gratis. Dengan demikian VPN berbayar jelas lebih unggul.

Bersumber dari Pure VPN, berikut adalah 3 keunggulan VPN berbayar.

1. Keamanan yang Lebih Baik

VPN berbayar menggunakan beragam tools keamanan yang akan menjamin keamanan data Anda. Data dan jejak digital Anda akan terenkripsi dan terlindungi dengan baik, sehingga sulit untuk dibongkar dan dicuri.

2. Kecepatan yang Lebih Baik

Kecepatan merupakan hal yang akan Anda langsung rasakan ketika menggunakan VPN berbayar. Jika pada VPN gratis Anda harus berbagai kecepatan dengan pengguna lain. Pada VPN berbayar kecepatannya akan lebih baik.

3. Tidak Ada Batasan Bandwith

Pada VPN gratis, bandwith dibatasi. Akibatnya, kecepatan koneksi akan berkurang dan penggunaan VPN menjadi menjadi terbatas. Pada VPN berbayar, bandwith yang disediakan tidak dikenakan kuota alias tidak terbatas.

Jika Anda merupakan seorang pemula yang baru dengan dunia VPN dan jaringan privat, dianjurkan untuk mencoba VPN gratis terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan untuk membuat Anda mengenal jasa dan manfaat VPN. Jika Anda sudah merasa nyaman dengan VPN, maka sebaiknya menggunakan VPN berbayar dengan pertimbangan berupa alasan dan keunggulan yang sudah dibahas sebelumnya.
Buka Komentar