Cara Mengatasi Laptop Sering Panas Ketika Digunakan

Cara Mengatasi Laptop Sering Panas Ketika Digunakan

Cara Mengatasi Laptop Sering Panas
Laptop yang merupakan gadget penunjang segala jegiatan dimasa kini memang tak akan pernah lepas dari genggaman kita sebagai pengguna. Bagaimana tidak, kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan, sekolah, bisnis, bahkan untuk hiburan sekali pun pasti tidak akan jauh-jauh dari benda yang satu ini. Oleh karena itulah, banyak sekali pengguna dari salah satu gadget kekinian tersebut.

Namun tidak semua pengguna dapat memahami apa-apa mengenai laptop ini. Cara penggunaan serta fungsinya mungkin tahu dan sangat mengerti, namun yang nama nya benda pasti ada saja masalah atau bahkan kerusahan apabila cara penggunaannya tidak sesuai atau kurang baik. Seperti misalnya banyak yang kurang mengetahui bagamana cara mengatasi laptop sering panas.
Laptop yang sering atau tiba-tiba saja panas pada saat digunakan memang bias dibilang wajar karena laptop merupakan benda eletronik yang didalamnya terdapat beberapa komponen-komponen listrik baterai yang akan panas ketika digunakan. Namun apabila panasnya sudah termasuk dalam kategori yang tidak wajar atau overheat maka pastinya tidak bagus untuk laptop.

Overheat atau panas pada laptop yang sudah tidak wajar akan menyebabkan beberapa masalah seperti tiba-tiba hang atau merestart sendiri. Tentu saja akan sangat mengganggu ketika di tengah pekerjaan tiba-tiba laptop hang atau otomatis restart. Oleh karena itu, sebelum mencari cara mengatasi laptop sering panas maka harus diketahui dahulu penyebabnya, di antaranya adalah:

a. Laptop Terlalu Lama Digunakan

Penggunaan laptop yang terlalu lama sampai berjam-jam tanpa di “istirahatkan” akan menjadi masalah dimana laptop bisa tiba-tiba sangat panas. Berbeda dengan PC, laptop tidak memiliki ruang untuk sirkulasi udara supaya tetap stabil, jadi laptop cenderung akan lebih mudah terkena overheat dibandingkan dengan PC. Hal ini di sebabkan desain laptop yang minimalis dan portable sehingga komponen-komponen didalam nya tersusun secara padat sehingga sirkulasi udara didalamnya tidak terlalu bagus dan menjadi cepat panas.

Oleh karena itu, batasi pemakaian laptop dan biarlah istirahatkan sejenak, terlebih lagi apabila laptop digunakan untuk bermain game dimana waktu tidak akan terasa berlalu. Hindari kebiasaan buruk menggunakan laptop tertlalu lama dan jangan lupa untuk menggunakan fan/kipas angina khusus laptop setidaknya hal tersebut dapat memberikan sirkulasi udara yang lebih baik dibandingkan tidak menggunakan (fan).

b. Masalah Pada Thermal Paste

Bagian komponen enting yang terdapat pada laptop yang cepat panas adalah processor. Dimana pada processor terdapat gell yang disebut dengan Thermal Paste yang berfungsi sebagai peredam panas yang berasal dari processor ketika laptop sedang digunakan. Pada laptop baru mungkin masalah ini akan sangat jarang terjadi karena gell Thermal Paste yang melindungi processor masih bagus.

Namun pada laptop dengan pemakaian yang sudah lama Thermal Paste itu akan semakin lama semakin mengering sehingga laptop akan menjado cepat panas. Maka dari itu, hindari pemakaian laptop berjam-jam terlalu lama.

c. Kipas yang Tidak Berfungsi

Ketika laptop digunakan terlalu lama, umumnya memang menjadikan suhu dalam laptop menjai panas. Akan tetapi, tidak akan terlalu menjadi masalah apabila kipas yang terdapat dalam laptop berfungsi dengan baik. Oleh karena itu banyak masalah laptop terlalu panas dikarenakan kipas yang kurang berfungsi dengan baik dan tidak optimal mengatasi suhu panas pada laptop.

Bisa jadi karena suhu panas yang terus menumpuk tanpa ada pendinginan membuat laptop cepat panas dan sirkulasi udara terganggu. Adapun penyebab dari kurang optimalnya fungsi kipas angin pada laptop adalah dikarenakan ada kerusakan atau banyak debu yang menempel.

d. Meletakan Laptop dengan Cara yang Salah

Banyak sekali pengguna laptop yang keasyikan memakai laptop sembari di dalam kamar tidur dan meletakan laptop begitu saja di atas Kasur tanpa diberikan alas berupa benda keras. Hal ini merupakan salah satu kebiasaan buruk yang banyak orang-orang tak sadar. Seperti yang telah dibahas sebelumnya di atas, bahwa laptop memiliki desain yang minimalis dengan komponen-komponen yang sangat padat di dalamnya, maka dengan ‘mendudukan’ laptop begitu saja di atas kasur maka akan membuat sirkulasi udara pada laptop semakin buruk sehingga membuat cepat panas, bahkan yang lebih parah ketika terdengar suara halus dengungan mesin didalamnya. Oleh karena itu, apabila ingin bermain laptop didalam kamarada baiknya menggunakan meja laptop kecil supaya laptop tidak langsung bersentuhan dengan kasur dan membuatnya cepat panas.

Setelah mengetahui beberapa penyebab laptop menjadi cepat panas maka harus dicari bagaimana cara mengatasi laptop sering panas atau overheat, di antaranya adalah:

a. Batasi pemakaian laptop, jangan digunakan berjam-jam nonstop. Dikarenakan spec laptop berbeda dengan yang dimiliki oleh PC maka gunakan laptop seperlunya saja. Apabila masih banyak yg harus dikerjakan yang berhubungan dengan laptop, maka sleep lah sejenak sehingga laptop dapat ‘beristirahat’ sebentar.

b. Untuk laptop yang sudah lama (bukan laptop baru) tentu saja Thermal Paste yang terdapat pada processor lama-lama menjadi kering sehingga processor yang membuat laptop panas suhunya menjadi tidak terkontrol. Oleh karena itu, sebaiknya tambahkan Thermal Paste secara berkala supaya suhu panas pada processor laptop dapat terkontrol dan laptop tidak mudah menjadi panas.

c. Gunakan fan/cooling pad/kipas khusus laptop apabila laptop yang dimiliki termasuk laptop lama. Hal ini juga baik dilakukan untuk laptop yang masih baru. Dengan menggunakan fan pada laptop setidaknya dapat membantu menstablkan sirkulasi udara pada laptop yang panas karena suhu panas yang terus menumpuk. Oleh karena itu, siapkan selalu cooling pad/fan ketika menggunakan laptop terlebih dalam waktu yang lumayan lama.

d. Jangan pernah menggunakan laptop langsung disimpan di atas tempat tidur atau bantal. Hal itu akan sangat mengganggu sirkulasi udara pada laptop dan membuat suhu panas menumpuk. Pakailah alas yang keras seperti memakai meja portable (meja kecil) yang bisa menjadi dudukan laptop. Meski hal ini terlihat sepele namun akan sangat berpengaruh pada ketahanan laptop tersebut.

e. Apabila diketahui laptop sering panas, maka ada baiknya untuk mengecek apakah kipas pada laptop masih berfungsi dengan baik atau tidak. Bisa saja karena banyak debu yang menumpuk membuat kipas menjadi kotor dan tidak berfungsi untuk mendinginkan suhu panas pada laptop. Maka dari itu, rajinlah untuk membersihkan kipas pada laptop ketika dirasa laptop mulai sering sekali panas.

Cara mengatasi laptop sering panas di atas dapat dilakukan sendiri apabila sudah hafal dengan komponen-komponen laptop beserta fungsinya atau kalau tidak mengerti dapat meminta bantuan jasa teknisi komputer.

Dikarenakan laptop sangatlah penting untuk menunjang pekerjaan-pekerjaan sehari-hari, ada baiknya laptop yang kita miliki dirawat dan dijaga sebaik mungkin supaya kinerjanya tetap bagus dan dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama. Tentu karena bagaimana pun laptop bukanlah barang murah yang ketika rusak akan dengan mudah untuk membeli lagi yang baru.
Buka Komentar