Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows Paling Ampuh

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows Paling Ampuh

Cara Mempercepat Kinerja Laptop
Apakah Anda mengalami betapa sulitnya mengoperasikan laptop yang lemot? Tentu sangat menghambat kerjaan Anda, bukan? Misalkan saja para pecinta gaming pasti selalu mencari cara bagaimana meningkatkan performa laptop untuk bermain game. Terlebih jika spesifikasi laptop yang dimiliki terbilang standar. Terlepas jenis software yang digunakan Windows 7, Windows 8 bahkan Windows 10.

Analisa sebabnya dan temukan solusinya. Mungkin ungkapan ini tepat untuk Anda yang kesulitan mempercepat kinerja laptop. Untuk mengatasi kinerja laptop yang melambat ini, tentunya Anda harus mengetahui penyebabnya. Berikut empat hal yang menyebabkan kinerja laptop menjadi lemot:
  1. Terkena serangan virus
  2. Kapasitas hardisk yang penuh
  3. Spek laptop yang rendah
  4. Kapasitas RAM telah penuh

Jika Anda mulai merasakan kinerja laptop melambat, tidak ada salahnya mengetahui mengenaicara mempercepat kinerja laptop berikut ini.

1. Hapuslah File di Recycle Bin Anda

Anda sadari atau tidak. File sampah pada Recycle Bin yang dibiarkan terus menerus akan membuat kinerja laptop Anda menjadi lemot. Hal tersebut disebabkan karena file sampah yang secara otomatis dicadangkan oleh laptop akan tersimpan di harddisk dalam keadaan disembunyikan.

Cara Menghapus File Sampah di Recycle Bin

Anda bisa segera menghapus file sampah pada yang tersimpan dalam laptop Anda. Cara termudah untuk menghapusnya yakni dengan cara menghapus file sementara yang ada pada browser. Atau Anda bisa mencoba alternatif lain yakni dengan mengeklik kanan pada icon Recycle Bin kemudian klik empty Recycle Bin.

2. Perbesar Kapasitas RAM dan Harddisk Laptop

Sampai saat ini, mengatasi laptop lemot dengan cara memperbesar kapasitas RAM dan Harddisk merupakan solusi paling ampuh. Seiring berjalannya waktu, kapasitas harddisk serta RAM pada laptop akan menipis. Terlebih jika Anda menggunakan untuk aktivitas berat seperti game, desain bahkan editing video.

Hal itulah yang menjadi alasan utama mengapa Anda harus menghapus dan memperbesar kapasitas harddisk dan RAM. Cara lain yang lebih ekonomis yakni membeli hardisk eksternal atau SSD sebagai tempat penyimpanan file.

3. Hapuslah Aplikasi yang Tidak Penting Pada Laptop

Rasa penasaran terhadap aplikasi baru seringkali membuat Anda tertarik kemudian menginstalnya. Padahal sebenarnya, aplikasi yang Anda instal bukan merupakan aplikasi yang Anda butuhkan. Anda ketahui atau tidak, banyaknya aplikasi tidak penting yang terinstal inilah yang menjadi awal masalah lemot pada laptop Anda. Sekalipun vendor mengklain bahwa itu adalah aplikasi mempercepat kinerja laptop. Hal ini belum benar – benar terbukti mengatasi laptop lemot.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Melalui Control Panel

Cara pintas meningkatkan kinerja laptop yakni dengan mengurangi beban kerja laptop itu sendiri. Sesuaikan kapasitas laptop Anda jika ingin menggunakannya untuk aktivitas yang berat. Pilihlah dengan cermat aplikasi apa saja yang benar – benar dibutuhkan. Jika Anda terlanjur menginstall aplikasi, satu – satunya jalan, yakni segera uninstall melalui control panel. Berikut ini step by step yang perlu Anda lakukan.

  1. Pertama, tekan tombol home atau klik Start
  2. Cari dan pilih control panel
  3. Selanjutnya, pilih Uninstal a program
  4. Kemudian pilih aplikasi yang ingin Anda hapus

4. Cara Mempercepat Kinerja Laptop Melalui Custom Virtual Memory

Peran atau kegunaan virtual memory memang tidak sebesar RAM. Namun, sedikit banyak virtual memory bisa membantu meningkatkan kinerja pada laptop Anda. Adapun untuk mengatur seberapa besar virtual memory, yaitu:

  1. Sebelumnya masuklah ke Control Panel
  2. Pilihlah System and Security, lalu klik System
  3. Selanjutnya pilih Advanced System Setting, dan pindahkan ke tab Advanced
  4. Pilih Setting pada menu Performance
  5. Kemudian pilih Costum pada tab Visuall Effect
  6. Lalu Unchek Visual yang akan Anda matikan

5. Instal Aplikasi Anti Virus Pada Laptop Anda

Selain hardware, software laptop yang terinfeksi virus juga bisa menjadi penyebab kinerja laptop menjadi lemot. Hal tersebut disebakan karena selain merusak berbagai data pada laptop. Virus spyware atau malware bisa menjadikan laptop menjadi lambat.

Untuk mengatasi masalah ini, cara mempercepat kinerja laptop pada point kelima ini bisa Anda lakukan. Namun sebelum menginstal aplikasi, cobalah cari anti virus yang tepat untuk laptop Anda. Anda tidak perlu menggunakan banyak jenis antivirus dalam satu waktu.

6. Hapuslah Gadget yang Tidak Penting Pada Dekstop

Bukan hanya effect visual, pemasangan gadget yang terlalu banyak pada laptop juga bisa menyebabkan kinerja laptop menjadi lemot. Sehingga, jika masalah kinerja laptop yang lemot sudah mulai terjadi pada laptop Anda. Cobalah untuk menghapus gadget khususnya gadget yang tidak terlalu penting pada dekstop. Efek pada point keenam ini, akan sangat terasa. Terlebih pada laptop yang memiliki spesifikasi rendah.

7. Drefag Harddisk Laptop Anda

Kebiasaan menggunakan laptop untuk menyimpan file sembarangan juga bisa memperlambat kinerja laptop Anda. File yang tersimpan berantakan akan membuat harddisk laptop terasa sesak dan penuh.

Oleh karena itulah, sesekali Anda perlu melakukan drefeg agar file-file bisa tersimpan rapi dan teratur. Berikut ini cara mempercepat kinerja laptop dengan mendrefag harddisk laptop.

  1. Klik Start, lalu pilih All Program
  2. Klik System Tool
  3. Klik Disk Deragmenter
  4. Selanjutnya pilihlah partisi disk yang akan Anda defrag, dan pilih Defragment Disk. Pada tahap ini, sistem secara otomatis akan menganalisis sebelum mendefrag partisi
  5. Kemudian tunggu sampai proses selesai

8. Tingkatkan Kinerja Laptop dengan Aplikasi Disk Clean Up

Barangkali belum banyak yang tahu mengenai kegunaan salah satu tool ini. Jadi disk clean up merupakan tool yang berguna untuk menghapus file sementara pada drive laptop Anda. Di sini, Anda bisa memilih drive mana yang ingin Anda bersihkan dari file sementara tersebut. Cara menggunakannya pun terbilang sangat mudah, berikut langkah – langkahnya.

  1. Pilih drive yang akan dibersihkan, lalu klik kanan
  2. Selanjutnya pilih Properties
  3. lalu pilih Disk Clean Up

9. Cara Meningkatkan Kinerja Laptop dengan Mengaktifkan Hibernate Mode

Fungsi utama hibernate yaitu menyimpan dan mengembalikan seperti semula semua kerja memori saat laptop dimatikan. Berikut ini step by step mengaktifkan hibernate mode pada laptop atau PC.

  1. Pertama, tekan Windows Key + i pada laptop Anda
  2. Pilih ‘System’
  3. Pilih ‘Power & Sleep’
  4. Kemudian ‘Additional Power Settings’ dan ‘Power Option’
  5. Pilih ‘Choose What The Power Buttons’
  6. Langkah terakhir, klik‘Change Settings That Are Currently Unavailable’

10. Cara Mempercepat Kinerja Laptop Melalui Task Manager

Seringkali untuk mempercepat pekerjaan Anda, proses multitasting sering Anda gunakan. Padahal tanpa Anda sadari, kegiatan membuka aplikasi berjalan secara bersamaan bisa membuat laptop menjadi lemot. Memberikan banyak perintah dalam satu waktu akan membuat RAM bekerja sangat keras. Inilah yang menjadi penyebab hang pada laptop dengan spek rendah. Penggunaan task manager untuk mengakhiri aplikasi yang sedang berjalan terbilang ampuh menstabilkan kinerja laptop. Berikut cara mudah mengoperasikan task manager.

  1. Pertama, klik start pada laptop Anda
  2. Selanjutnya cari Task Manager kemudian pilih dan buka managernya
  3. Pada step ini, secara otomatis apalikasi yang berjalan pada laptop akan ditampilkan
  4. Selanjutnya, Anda tinggal memilih aplikasi yang tidak Anda butuhkan, kemudian klik End Task dan aplikasi tersebut akan berhenti berjalan

Kondisi Laptop Anda Tergantung Cara Anda Menggunakannya

Pada dasarnya, masalah yang terjadi pada komputer atau laptop akan timbul tergantung pemakainya. Jika Anda menggunakan laptop dengan cara yang benar. Maka bisa dipastikan, masalah-masalah laptop seperti kinerja yang semakin lemot, atau terkena virus, tidak akan terjadi.

Meskipun kenyataannya, masalah dan kerusakan laptop memang tidak bisa diprediksi jauh jauh hari. Namun setidaknya, dengan penggunaan yang tepat dan sesuai dengan spesifikasi laptop Anda. Laptop atau komputer bisa menjadi lebih awet. Oleh karena itulah, mengetahui cara dan tips seperti cara mempercepat kinerja laptop di atas bisa Anda lakukan. Tujuannya, jika sewaktu-waktu masalah tersebut terjadi pada laptop Anda. Anda bisa mengatasinya dengan mudah.
Buka Komentar