Cara Membuat Wifi di Windows 8 dengan Sangat Praktis

Cara Membuat Wifi di Windows 8 dengan Sangat Praktis

Cara Membuat Wifi di Windows 8
Internet seakan sudah menjadi kebutuhan wajib bagi semua orang. Tak peduli rentang usianya, hampir semua orang menggunakan internet. Jika berbicara mengenai kegiatan berselancar di internet, menggunakan laptop atau komputer pribadi tentu akan menambah kenyamanan Anda dalam bermain internet. Untuk itu, Anda perlu tahu cara membuat wifi di windows 8.

Ada tiga cara yang bisa Anda lakukan jika Anda ingin membuat wifi di windows dengan versi windows 8. Ketiga metode ini bisa Anda lakukan sendiri karena caranya yang sangat praktis. Bahkan Anda tak perlu meminta bantuan orang lain untuk dapat membuat wifi di laptop atau komputer Anda yang sistem operasinya menggunakan windows 8. Berikut ini beberapa caranya:

Cara 1: Cara Membuat WiFi di windows 8 Melalui Tombol Switch di Laptop

Jika laptop Anda adalah perangkat yang telah berbasis sistem operasi Windows 8 maupun Windows 8.1, Anda dapat mengaktifkan koneksi WiFi dengan cara yang sama persis seperti yang biasa dilakukan pada sistem operasi di bawah windows 8 dan 8.1 yaitu dengan menekan tombol Switch pada laptop.

Tombol switch inilah yang membedakan. Karena biasanya antara satu produk laptop dengan produk lainnya agak berbeda penempatan dan cara menggunakannya.

Biasanya beberapa tipe laptop cara mengaktifkan melalui switch WiFi nya akan berbeda-beda untuk itu Anda perlu memastikan dulu dengan membaca buku panduan atau mencari tahu kepada teman yang memiliki laptop dengan merk yang sama.

Sebagai contoh untuk laptop HP lain misalnya, terkadang ada juga yang menggunakan tombol “F12”, sementara pada laptop jenis Acer penggunaan switch ini dapat digunakan dengan mengklik tombol “Fn + F3“.

Cara 2: Mengaktifkan WiFi menggunakan Networks Charm atau pada Pc Setting

Di Windows 8 atau pada seri 8.1, selain dengan cara di atas yang sudah lazim digunakan bahkan pada laptop dengan sistem operasi di bawah windows 8 dan 8.1, Anda juga dapat mengaktifkan koneksi WiFi pada laptop dengan cara menggunakan sistem windows, untuk tahap ini ada dua cara yang dapat dilakukan yaitu melalui Networks Charm atau Anda memilih melalui menu Pc Setting.

Jika laptop Anda  telah memasang sistem operasi Windows 8 dan Windows 8.1 versi yang di optimalkan untuk perangkat touch, maka cara mengaktifkan WiFi adalah dengan langkah-langkah berikut ini:
  • Anda perhatikan pada tampilan Start Screen atau Desktop UI, kemudian Anda harus mengarahkan mouse ke bagian sudut kanan bawah layar agar Charms Bar dapat muncul di area monitor Anda yang aktif kemudian Anda pilih menu “Setting”. 
  • Selanjutnya Anda harus mengklik icon dengan gambar WiFi atau Network yang berada tepat di samping icon volume. 
  • Berikutnya yang harus Anda lakukan pada langkah ketiga ini adalah mengaktifkan WiFi laptop yaitu menggeser pilihannya hingga menjadi “On”. Yang perlu Anda ingat adalah, khusus untuk Airplay mode biarkan dalam kondisi Off atau mati. 

Tidak hanya dengan 2 cara di atas saja, ternyata Anda juga dapat mengaktifkan WiFi laptop melalui PC Setting dengan langkah-langkah yang agar berbeda yaitu seperti di bawah ini:
  • Pertama-tama perhatikan tampilan Start Screen atau Desktop UI, kemudian Anda arahkan kembali mouse ke sisi kanan bawah layar, hingga tampilan Charms Bar telah muncul, setelah itu lanjutkan dengan mengklik “Setting”. 
  • Lihat pada bagian teks yang bertuliskan “Change Pc Setting” biasanya akan terletak di sudut paling bawah. 
  • Jika laptop Anda adalah berbasis Windows 8.1 silahkan akses pilihan menu “Network kemudian pilih Airplane Mode” (berbeda dengan laptop yang menginstall Windows 8 maka Anda hanya cukup klik menu Wireless), lalu silahkan On kan settingan WiFi laptop caranya adalah menggeser ke kanan pilihannya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda harus tetap biarkan Airplay mode dalam kondisi Off. 

Cara ini dikenal juga denga istilah membuat tethering wifi hotspot pada laptop dengan sistem operasi windows 8 atau 8.1. jika Anda mencari cara lain yang dapat dijadikan cara alternatif maka, selain beberapa cara di atas Anda dapat juga menyimak beberapa langkah di bawah ini, yaitu:

Cara Tethering Wifi Hotspot di Laptop Windows 8 dan Windows 8.1

Jika Anda ingin menjadikan laptop Anda agar dapat berfungsi juga sebagai hotspot adalah hal yang mudah, jika pada windows yang berada di bawah ini yaitu pada windows 7 Anda mengenal fitur Ad Hoc untuk sharing wifi sekarang yang terdapat pada windows 8 dan 8.1 adalah cara membagi wifi melalui command prompt (CMD).

Untuk menggunakan CMD ini mudah, karena Anda hanya perlu melakukan sedikit setingan dan mengetikan perintah tertentu pada program CMD tersebut maka wifi hotspot akan langsung terbentuk dan dapat digunakan.

1. Pada langkah pertama ini Anda harus memulai dengan membuka command promft sebagai administrator yaitu mengklik kanan pada icon windows start yang terdapat pojok kiri bawah layar monitor laptop Anda ketika dalam keadaan mode desktop kemudian pilih Command Prompt (Admin).

2. Kemudian Anda perlu mengecek dahulu driver dan hardware di laptop pastikan apakah mendukung atau tidak untuk melakukan share wifi, selanjutnya Anda harus mengettikan perintah > netsh wlan show driver kemudian tekan enter pada keyboard laptop, jika laptop Anda memang mendukung maka akan muncul tulisan "Yes" pada "hosted network support"

3. jika Anda tidak menemui masalah sejauh ini, maka Anda dapat melanjutkan dengan mengetikkan perintah berikut di CMD.

mode=allow
ssid=DroidTren
key=passdroidtren
ssid = isikan nama hostpot yang hendak Anda buat
key = isikan menggunakan password yang akan Anda pilih untuk konek ke wifi kamu nanti.


Jika sudah cukup tekan enter.

4. setelah selesai langkah tersebut maka jaringan wifi hotspot telah terbuat, kemudian untuk mengaktifkannya agar dapat digunaan yaitu dengan mengetikkan perintah berikut.
> netsh wlan start hostednetwork

5. Jika sudah jangan lupa untuk mengaktifkan sharing wifi, dengan mengklik kanan satu kali pada icon internet acces yang terdapat di pojok kanan bawah lalu pilih Open Network and Sharing Center. Lanjutkan dengan mengklik pada internet connection yang kamu gunakan, misal jika modem dengan nama internet connection 3

6. Setelah itu Anda akan melihat pop-up window, lalu tinggal Anda pilih saja Properties sehingga Anda dapat masuk ke tab Sharing kemudian beri tanda centang pada allow other network users to connect through this computer's internet connection setelah itu lanjutkan dengan pilih Home networking connection lalu tinggal tekan OK.

7. Maka setelahnya, thetering Jaringan Wifi hotspot telah selesai dibuat. Jika Anda ingin mengeceknya silahkan tes dengan menghubungkan smartphone Anda pada jaringan yang telah terbuat tadi.

8. sebagai langkah yang terakhir, untuk mematikan atau menonaktifkan jaringan wifi hotspot tersebut ketikan perintah ini di jendela command promp t(admin)

> netsh wlan stop hostednetwork

Nah, itulah cara mudah membuat wifi hotspot di Windows 8. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.
Buka Komentar