Panduan Step by Step Cara Membuat Password Windows 8

Panduan Step by Step Cara Membuat Password Windows 8

Cara Membuat Password Windows 8
Pembuatan password merupakan salah satu prosedur atau lebih tepatnya sebuah opsi ketika Anda menginstal Windows 8. Anda dapat membuat password atau tidak sama sekali. Jika Anda tidak membuat password ketika menginstal dan kini berubah pikiran dan ingin membuatnya, maka Anda harus mengetahui cara membuat password Windows 8. Caranya membuatnya mudah, tidak ribet, dan tidak akan memakan waktu yang lama.

Alasan paling kuat kenapa Anda harus menggunakan password adalah alasan keamanan. Terlebih jika PC atau komputer yang Anda gunakan merupakan shared computer atau komputer yang digunakan oleh lebih dari satu pengguna. Hal tersebut juga berlaku jika Anda menggunakan komputer kantor. Anda tentu tidak mau data-data penting yang ada dicuri, dirubah, atau bahkan terhapus (sengaja atau tidak sengaja) oleh orang lain.
Bagaimana dengan home computer atau komputer rumah? Jika Anda menggunakan PC/laptop bersama anak, sebaiknya Anda menggunakan password. Bukan tidak mungkin anak Anda melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. Anda dapat membuat akun atau setting khusus untuk Anda dan keluarga. Kalu dipikir-pikir, sebenarnya aneh juga jika Anda membuat akun Windows 8 tanpa memproteksinya dengan password.

Langkah-langkah dan Cara Membuat Password Windows 8

Membuat password Windows 8 tidak memerlukan keahlian khusus, begitu juga dengan aplikasi atau software tambahan. Anda akan melakukannya (pergantian password) melalui fitur pengaturan yang sudah disediakan oleh Windows. Yang Anda butuhkan hanyalah perhatian penuh dan waktu luang (tidak lama). Diambil dari Dummies, berikut adalah cara membuat password Windows 8 beserta langkah-langkahnya.
  1. Akses PC Setting melalui Charms Bar. Buka Charms Bar, klik ikon Settings, dan klik Change PC Settings. Anda bisa mengakses Charms Bar dengan menekan Windows + C melalui keyboard atau dengan menempatkan mouse (kursor) di ujung kanan atas atau kanan bawah layar. 
  2. Pada layar PC Settings, klik Users. Kemudian, akun Windows Anda akan muncul. 
  3. Pada opsi Sign-In Options, klik Create a Password. Jika Anda sudah membuat dan memiliki password, maka yang muncul adalah Change Your Password, klik untuk mengubah password Anda. 
  4. Silakan isi password yang akan Anda gunakan. Jangan lupa untuk menulis ulang (retype) password. Buatlah password yang mudah Anda ingat, namun tidak terlalu sederhana. 
  5. Jika Anda hendak mengganti password, maka tulis ulang password sebelumnya, batu kemudian ganti dengan password yang baru. 
  6. Klik Next untuk melanjutkan prosedur berikutnya. 
  7. Pada layar berikutnya, Anda diminta untuk menuliskan semacam clue atau sesuatu untuk mengingatkan Anda mengenai password yang Anda gunakan. Clue tersebut akan berguna ketika Anda lupa terhadap password yang digunakan. 
  8. Penulisan clue atau hint tersebut merupakan langkah terakhir dari cara membuat password Windows 8. Klik Finish untuk menyelesaikan prosedur. 
  9. Jika Anda sudah mengikuti seluruh prosedur yang diminta maka Anda telah berhasil membuat password untuk komputer Anda. 

Lupa Password? Berikut Ini 3 Cara untuk Mengatasinya

Lupa password Windows 8 merupakan hal yang lumrah terjadi. Jika hal tersebut terjadi pada Anda, jangan panik. Jangan juga melakukan beragam cara “maksa” yang dapat memperburuk situasi. Jangan juga terburu-buru diservis ke toko komputer. Terdapat 3 cara untuk mengatasinya. Berikut adalah penjelasan dari ke-3 cara tersebut.
  1. Cara pertama adalah mengingat dan menebak password melalui clue dan hint. Anda pasti menulis clue dan hint ketika membuat password. Ingat dan tebak berdasarkan hal tersebut. 
  2. Anda dapat menggunakan software hacking atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows Password Recovery Tools. Anda dapat me-download software gratis maupun berbayar. Diantara software Windows recovery yang sudah populer adalah Ophcrack, Kon-Boot, dan Offline NT Password & Registry Editor. 
  3. Me-reset PC atau komputer Anda. Cara ini mengakibatkan semua program yang terinstal akan hilang, bahkan selutuh data yang Anda simpan. Akses Advanced Startup Option melalui re-boot. Me-reset PC merupakan langkah terakhir jika semua cara sudah dicoba, namun gagal. 

Agar Anda tidak sulit atau kebingungan ketika lupa password, sebaiknya Anda mengantisipasinya dengan mencatatkan password tersebut di ponsel atau media lain. Anda juga bisa menggunakan Windows 8 Password Reset Disk dan me-reset password secara online melalui Microsoft Account. Ke-2 cara tersebut merupakan antisipasi terbaik sekaligus opsi yang kerap diabaikan banyak pengguna Windows 8.

Cara Reset Password Windows 8

Cara me-reset password Windows 8 tidak sulit, hanya membutuhkan ketelitian dan waktu Anda. Diambil dari Lifewire, berikut adalah langkah-langkah me-reset password Windows 8.
  1. Akses Advanced Startup Options. Untuk mengaksesnya Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut. Start > Settings > Update & Security > Recovery > Restart Now. Tunggu hingga Anda masuk ke layar Advanded Startup Options. 
  2. Jika Anda tidak bisa masuk ke Windows, maka Anda harus masuk ke Advanced Startup Options melalui boot. Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan Windows 8 Installation Media atau Recovery Drive. 
  3. Cara lain untuk mengakses Advanced Startup Options adalah dengan (pada layar log in) menekan dan menahan tombol Shift, kemudian mengklik ikon Power dan pilih Restart
  4. Klik Troubleshoot > Advanded Options > Command Prompt
  5. Setelah Command Prompt muncul, masukan command berikut ini: copy c:\windows\system32\utilman.exe c:\ Tekan Enter. Anda akan melihat konfirmasi 1 file(s) copied. 
  6. Selanjutnya, masukan command berikut ini: copy c:\windows\system32\cmd.exe c:\windows\system32\utilman.exe Tekan Enter. Jawab Y atau Yes ketika ditanya, apakah Anda akan overwrite file utilaman.exe. Anda akan melihat lagi konfirmasi copy file. 
  7. Jika Anda menggunakan USB flash drive atau DVD media instalasi untuk mengakses Advanced Startup Options, cabut kedua media tersebut. Kemudian Restart komputer. 
  8. Tunggu hingga layar log in Windows 8 muncul. Setelah muncul, klik ikon Ease of Access
  9. Command Prompt akan kembali muncul. Jangan kaget karena prosedur yang Anda lakukan sebelumnya telah membuat Ease of Access berubah menjadi Command Prompt. Hal ini hanya sementara sampai Anda berhasil me-reset password Windows 8. 
  10. Sekarang, Anda sudah bisa me-reset Windows 8 melalui command line. Selanjutnya, Anda harus membuka net user command. 
  11. Anda bisa mengganti username dan password sesuai dengan keinginan. Silakan ganti net user myusername mynewpassword dengan username dan password Anda. Contoh: net user Pengguna1 Jon1285ok. 
  12. Jika Anda menuliskan command dengan syntax (prosedur yang tepat), pesan The command completed succesfully akan muncul. 
  13. Tutup Command Prompt
  14. Masuk ke Windows (log in) dengan username dan password baru. 
  15. Selamat! Anda sudah berhasil me-reset password. Dari sini Anda memiliki opsi untuk menggantinya atau membuat Password Reset Disk agar prosedur reset password ini tidak perlu dilakukan di kemudian hari. 

Menggunakan Password Reset Disk merupakan solusi paling ideal jika lupa password terjadi pada Anda. Itulah mengapa, pembuatan Password Reset Disk direkomendasikan pasca Anda membuat password Windows 8 melalui cara membuat password Windows 8 yang sudah dipaparkan sebelumnya. Jika reset password gagal, Anda bisa menggunakan beragam software Password Recovery Tools, baik yang berbayar ataupun yang gratis.
Buka Komentar