Cara Melihat Spesifikasi di Komputer Tanpa Ribet

Cara Melihat Spesifikasi di Komputer Tanpa Ribet

Cara Melihat Spesifikasi di Komputer
Bagi Anda yang memiliki laptop atau komputer sendiri, sudahkah Anda mengerti seluk beluk mengenai perangkat keras Anda tersebut? Ataukah Anda bahkan tidak banyak mengetahui mengenai spesifikasi dan kelengkapan perangkat keras Anda? Padahal hal ini merupakan hal yang cukup mendasar bagi para pemilik komputer atau laptop, maka Anda tentu harus tahu bagaimana cara melihat spesifikasi di komputer.

Jika Anda belum mengetahui bagaimana agar dapat melihat informasi pokok dan mendasar mengenai laptop dan komputer Anda, maka penting untuk mengetahui cara atau langkah-langkah yang bisa Anda lakukan. Meskipun hal ini memang jarang dilakukan oleh orang-orang pada umumnya, namun sebenarnya mengecek spesifikasi perangkat keras Anda adalah hal yang sangat penting.

Cara Melihat Spesifikasi di Komputer dengan Memanfaatkan sistem Informasi

Ada beberapa langkah yang bisa Anda tempuh jika ingin mengetahui informasi dasar seputar laptop dan komputer Anda, yang pertama yaitu dengan memanfaatkan system operasi yang sedari awal sudah terinstall pada laptop dan komputer Anda. Cara ini memiliki 3 langkah sederhana yang bisa Anda lakukan hanya dengan membaca petunjuk berikut.

Anda dapat memanfaatkan sistem informasi untuk melihat spesifikasi komputer Anda, caranya adalah sebagai berikut:
  1. Yang menjadi langkah pertama pada metode ini adalah dengan membuka Windows Explorer. Anda bisa menggunakan cara seperti biasanya yang sudah lazim dilakukan. Jika tidak bisa dengan cara biasa, Anda bisa menekan “Windows+E” pada keyboard Anda. 
  2. Setelah jendel windows explorer telah muncul pada monitor Anda, selanjutnya adalah mengklik kanan satu kali pada pilihan My komputer yang etrsedia di sebelah kiri layar atau bisa juga pada pilihan This PC, lalu lanjutkan dengan memilih properties. 
  3. Tak perlu bingung lagi karena ini adalah langkah terakhir, setelah itu Anda pun dapat melihat berbagai macam informasi mengenai spesifikasi komputer Anda mulai dari tipe, kecepatan, besar RAM, dan berbagai informasi dasar lainnya terkait dengan perangkat keras Anda. 

Mengetahui spesifikasi dengan Menggunakan DXdiag

Selain cara pertama yang memang sudah banyak dilakukan, ternyata ada juga cara lain yaitu cara yang juga sangat mudah untuk dipraktikkan dengan menggunakan DXdiag. Anda hanya perlu menjalankan 5 langkah sederhana jika ingin mengetahui informasi terkait dengan laptop atau komputer Anda. Berikut ini penjelasannya:
  1. Langkah pertama Anda harus membuka RUN atau bisa Anda lakukan dengan menekan Windows+R pada keyboard laptop. 
  2. Setelah itu, lanjutkan dengan mengetik kata dxdiag pada kolom “open:” yang tersedia. 
  3. Jika sudah muncul pada layar, Anda harus menekan program tersebut untuk memilih dan klik OK 
  4. Jika sudah, maka Anda akan bisa melihat informasi lengkap seputar spesifikasi komputer Anda. 
  5. Untuk versi system, Anda juga dapat mengetahui spesifikasi pada windows baik pada 64 atau 32 bitnya. 

Menggunakan CPU-Z

Jika dua cara yang telah dijabarkan di atas merupakan cara yang dilakukan dengan memanfaatkan fitur yang sedari awal sudah disediakan oleh windows, cara yang berikut ini adalah cara melihat spesifikasi di komputer yang sedikit berbeda dibandingkan dua cara sebelumnya. Hal ini karena pada metode ketiga, Anda harus menggunakan software yang belum tersedia pada pengaturan umum di laptop Anda.

Sehingga, untuk mendapatkannya Anda harus menginstall sendiri terlebih dulu, maka Anda baru bisa menjalankan langkah-langkahnya seperti di bawah ini:
  1. Karena membutuhkan software tambahan, maka pada langkah yang pertama, Anda harus mendonwload kemudian menginstall terlebih dahulu CPU Z pada komputer atau laptop Anda. Pastikan tidak ada penolakan dari system kerja laptop Anda. Kemudian jika Anda sudah memasang software ini, baru Anda bisa menjalankan langkah selanjutnya. 
  2. Lanjutkan dengan membuka software tersebut dan Anda akan dengan mudah melihat secara rinci spesifikasi pada komputer atau laptop Anda. 
  3. Jika sudah membuka software tersebut, dapat dipastikan Anda akan bisa melihat dengan detail mengenai CPU bukan hanya sekedar nama processornya melainkan juga core speed Anda pada kolom CPU. 
  4. Sedangkan untuk mengetahui dan melihat informasi dari mainboard komputer atau laptop tersebut, Anda harus membuka kolom main board yang ada pada CPU-Z. 
  5. Pada software ini juga tersedia kolom type memory yang memungkinkan Anda dapat melihat tipe dari memory Anda. sedangkan untuk kolom tab SPD, memungkinkan Anda untuk melihat slot RAM dan juga beragam informasi mengenai RAM yang terpasang pada laptop Anda. 

Menggunakan Software Speccy

Sebenarnya, bukan hanya ada satu software yang dapat digunakan untuk mengetahui informasi terkait spesifikasi laptop dan komputer Anda. Cara melihat spesifikasi di komputer lainnya yaitu dengan menggunakan software Speccy. Cara ini sama mudahnya dengan beberapa cara lain yang telah dijelaskan sebelumnya. Berikut langkah-langkahnya :
  1. Seperti pada cara sebelumnya, jika menggunakan software yang bukan merupakan pengaturan asli pada laptop Anda, maka pastikan Anda sudah mendownload terlebih dahulu software tersebut. 
  2. Lakukan proses install dan pastikan software tersebut tidak memiliki masalah dengan laptop Anda. 
  3. Setelah Anda selesai melakukan installasi, cukup dengan membuka saja Anda akan segera melihat melihat secara rinci informasi mengenai spesifikasi CPU Anda. 
  4. Sedangkan untuk melihat detail yang berkaitan denan spesifikasi dari PC Anda sendiri, Anda bisa memilih tab summary. 

Pengecekan Menggunakan Device manager

Penggunaan cara pengecekan ini merupakan bentuk pengembangan dari adanya cara pertama dalam mengecek spesifikasi komputer atau laptop Anda. Dengan seperti itu, Anda juga dapat melihat rincian device apa saja yang terpasang pada perangkat komputer Anda. Dengan cara ini Anda bahkan mampu mendeteksi baran kali memang masih ada perangkat keras yang belum terinstalll drivernya.

Untuk dapat melakukannya, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Langkah ini sangat mudah dan dapat langsung Anda praktikkan sendiri tanpa bantuan orang lain.
  1. Yang pertama tentu Anda harus memastikan komputer Anda dalam kondisi menyala sehingga dapat beroprasi dengan baik. Amati pada bagian sisi bawah kiri layar monitor Anda. Klik start button yang tersedia lalu Anda cari tulisan dengan menu computer, setelahnya Anda harus mengklik menu tersebut agar dapat masuk ke menu windows eksplorer 
  2. Kemudian Anda harus mengklik kanan pada direktori my komputer hingga menemukan menu properties, maka Anda akan disuguhi dengan jendela baru dengan tulisan ‘view basic information about your computer’, jika sudah terlihat jendela baru tersebut, Anda perhatikan sisi kiri layar monitor Anda. 
  3. Di sana Anda akan menjumpai terdapat menu device manager, jika sudah Anda klik, maka akan muncul lagi jendela baru yang terdapat banyak sekali daftar mengenai perangkat yang terpasang pada komputer atau laptop kita. Maka Anda tinggal memilih ingin melihat spesifikasi pada bagian apa dan menu yang mana. 
  4. Jika Anda ingin mengetahuinya cukup di klik maka informasi yang ingin Anda ketahui akan tersedia di sana.

Nah, itulah ke-lima cara melihat spesifikasi di komputer. Semua cara di atas sebenarnya sama-sama mudah. Namun, pilihlah cara yang menurut Anda paling mudah dan tidak memakan banyak waktu.
Buka Komentar