Ini Dia 9 Cara Ampuh Meningkatkan Performa Laptop Gaming yang Wajib Kamu Ketahui

Ini Dia 9 Cara Ampuh Meningkatkan Performa Laptop Gaming yang Wajib Kamu Ketahui

Cara Ampuh Meningkatkan Performa Laptop Gaming
Laptop merupakan gadget selain handphone yang saat ini sedang sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Baik digunakan dalam hal – hal yang bersifat pekerjaan, pendidikan, hingga hiburan dan game. Kepopuleran laptop ini salah satunya dikarenakan oleh karakteristik laptop yang bisa dibawa kemana – mana alias portable dibandingkan dengan PC.

Namun untuk hal – hal tertentu seperti gaming, performa laptop gaming memang masih kalah jika dibandingkan dengan PC. Namun kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa meningkatkan performa laptop gaming dengan berbagai cara. Di bawah ini akan diulas beberapa cara ampuh meningkatkan performa laptop gaming. Silakandisimakya.

1. Menginstal Driver Terbaru

Untuk kamu yang menyukai game dengan menggunakan laptop gaming, kamu harus sering – sering melakukan penginstalan driver baru untuk melakukan perbaikan pada bug dan juga mengupdate versi sebelumnya. Salah satu driver yang bisa kamu update adalah driver video card dari driver video ATI dan Nvidia.

Mengupdate driver video card ini memang merupakan cara yang sangat ampuh untuk meningkatkan performa laptop gaming karena saat kamu membeli laptop baru, paket yang kamu dapatkan masi menggunakan driver versi lama yang belum diperbarui.

Namun jika kamu tidak ingin menginstal atau mengupdate video card dengan versi terbaru, kamu bisa menginstal ulang driver terbaru. Cara ini merupakan salah satu cara ampuh meningkatkan performa laptop gaming.

2. Mengatur Ulang Power Setting

Mengatur ulang power setting adalah salah satu hal yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan performa laptop gaming kamu. Hal ini berhubungan dengan pengaturan daya laptop yang tidak secara langsung atau terus menerus terhubung dengan arus listrik.

Berdasarkan kondisi ini, maka dari itu power setting ini penting untuk mengatur daya baterai agar selalu awet, tahan lama, dan terjaga keseimbangannya. Sebaiknya kamu mengatur power setting pada profil tertinggi. Namun saat ini juga sudah banyak laptop dengan spesifikasi mumpuni yang bisa kamu pilih.

3. Mengatur Ulang Shader (Efek Bayangan) dan Detail Tekstur

Saat bermain game, performa laptop kamu pasti mengalami penurunan akibat dari adanya efek grafis seperti detail tekstur beresolusi tinggi dan adanya shader yang rumit sehingga memakan RAM yang besar. Hal ini ditandai dengan menurunnya kinerja RAM laptop gaming kamu.

Maka dari itu, kamu perlu melakukan cara ampuh meningkatkan performa laptop gamingdengan mengatur ulang shader dan detail tekstur pada laptop. Hal ini bisa kamu lakukan menggunakan memori video card yang terbatas. Cara ini terbilang ampuh untuk meningkatkan performa laptop gaming kesayanganmu.

4. Rajin Melakukan Maintenance Terhadap Hard Disk

Untuk kamu yang biasa bermain game melalui laptop gaming, kamu harus rajin melakukan maintenance hard disk. Hal ini sangat bermanfaat untuk system tools pada accessories. Disini kamu bisa melakukan disk clean up dan disk defragmenter secara rutin agar hard disk selalu dalam keadaan yang prima.

Disk clean up berfungsi untuk mencari file – file yang tidak digunakan lagi dan harus dibuang agar tidak memperlambat kinerja laptop. Selain itu disk defragmenter berfungsi untuk mengatur ulang tata letak atau posisi file dalam hard disk untuk memudahkan akses ke setiap file.

5. Membersihkan Laptop dari Spyware dan Pop Up

Membersihkan laptop dari spyware dan pop up dapat memaksimalkan kerja dari laptop kamu. Hal ini terjadi karena ada beberapa program yang mengancam data sistem seperti pop up ads atau spyware. Untuk mencegah hal ini sebaiknya kamu melakukan instalasi software gratis.

Software gratis yang bisa kamu gunakan untuk menjaga kinerja laptop gaming kamu antara lain adalah Lavasoft’s Ad-ware, Microsoft Windows Devender, dan masih banyak lagi software lainnya. Maka dari itu kamu harus sering – sering membersighkan laptop untuk mengindari kerusakan pada laptop.

6. Matikan Aplikasi Background yang Sedang Berjalan

Seiring semakin berkembangnya teknologi, saat ini banyak sekali laptop dengan spesifikasi yang bagus sehingga bisa melakukan atau menjalankan beberapa program dalam waktu yang bersamaan atau yang biasa mkita sebut sebagai multitasking.

Namun saat kamu sedang bermain game ada baiknay kamu menutup atau mematikan semua aplikasi yang sedang berjalan agar kinerja laptop tetap tinggi karena fokus pada satu aplikasi saja. Hal ini bisa kamu lakukan dengan menutup aplikasi secara manual atau menggunakan game booster.

7. Memaksimalkan Software

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan software salah satunya adalah dengan menutup atau mendisable program – program yang tidak perlu. Caranya dilakukan dengan membuka task manager lalu ke startup. Disana kamu bisa mengetahui program apa saja yang menyala dan aktif.

Hal ini dikarenakan saat pertama kali kamu membuka laptop bukan berarti tidak ada program yang berjalan sama sekali. Namun masi ada program yang masi berjalan meskipun tidak ada program yang dibuka seperti contohnya anti – virus, OneDrive, Spotify, atau Google Drive.

8. Saat Main Game Hindari Menjalankan Program Lain

Melihat kondisi saat ini banyak sekali gamers yang bermain game sambil asyik melakukan chat melalaui media sosial. Namun sebaiknya hal ini harus kamu kurangi,seharusnya kamu membuka sosial media saat sedang tidak main game. Karena hal ini dapat mengurangi kinerja laptop dan memakan RAM.

Saat bermain game kamu dianjurkan untuk tidak membuka aplikasi lain agar seluruh sitem tetap fokus pada satu aplikasi game dan tidak membagi sistem untu aplikasi lain sehingga kinerja dan performa laptop tetapbaik saat digunakan untuk bermain game dan tidak lemot.

9. Pengaturan Letak File atau Partisi Laptop Gaming

Salah satu cara ampuh meningkatkan performa laptop gamingadalah dengan mengatur partisi pada sistem penyimapan yang ada di laptop gaming kamu. Pembagian partisi yang dimaksud disini adalah melakukan pembagian file dengan benar pada laptop gaming kamu.

Pembagian partisi atau penyimpanan yang harus kamu lakukan adalah membagi penyimpanan khusus antara file untuk sistem operasi (OS) dan untuk ruamg penyimpanan data tersendiri agar tidak tercampur dalam satu partisi. Hal ini memudahkan laptop membaca perintah dari user.

Untuk melakukan pembersihan pada laptop tidak hanya dilakukan pada pembersihan software saja, namun kamu juga harus memperhatikan kebersihan dari hardware laptop gaming kamu. Kamu harus rajin membersihkan laptop gaming kamu dari debu – debu yang menempel yang bisa mengganggu kinerja laptop.

Untuk membersihkannya memang cukup sulit karena komponennya yang cukup kecil, namun kamu tidak perlu khawatir kamu bisa menggunakan vacum cleaber mini khusus PC atau laptop untuk menjangkau bangian bagian kecil yang ada pada laptop gaming kamu dan menjaganya tetap bersih.

Nah, demikian ulasan mengenai cara ampuh meningkatkan performa laptop gamingkamu. Semoga hal ini bisa bermanfaat untuk kamu pecinta game agar kamu bisa bermain game dengan nyaman didukung kapasitas laptop yang mumpuni dengan kecepatan tinggi dan tidak lemot lagi.
This Is The Oldest Page
Buka Komentar